Sejarah Perkembangan Geografi di Indonesia - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, November 1

Sejarah Perkembangan Geografi di Indonesia

Mungkin dari sekian guru geografi di Indonesia belum mengetahui sejak kapan sih sebenarnya ilmu geografi itu ada di Indonesia?. 

Geografi di Indonesia sudah dikenal sejak zaman kolonial Belanda karena dibawa masuk oleh ilmuwan Belanda yang banyak melakukan penelitian tentang Hindia Belanda waktu itu seperti Van Bemmelen, Junghuhn dan lainnya. Baca juga: Konsep geografi versi Henry J. Warman

Dahulu namanya bukan geografi namun aardrijskunde. Pada awalnya perkembangan geografi mengikuti perkembangan ilmu geografi di negeri Belanda dan lambat laun semakin pesat dengan semakin banyaknya ilmuwan Belanda yang meneliti tentang kondisi Indonesia. 

Penggunaan istilah aardrijskunde di sekolah rakyat Indonesia sudah cukup lama dan berakhir saat Belanda meninggalkan Indonesia dan digantikan Jepang. Baca juga: Game geografi online gratis
Sejarah Perkembangan Geografi di Indonesia
Van Bemmelen, peneliti Belanda
Saat Jepang menduduki Indonesia dan dengan semangat Asianya, penggunaan istilah aardrijskunde diganti sesuai dengan bahasa setempat. 

Ilmuwan Indonesia saat itu seperti Adinegoro dan Adam Bachtiar menyelaraskan istilah tersebut dengan Ilmu Bumi. 

Istilah ini digunakan di sekolah-sekolah cukup lama dan hingga sekarang pun Geografi selalu identik dengan Ilmu Bumi. Coba saja kamu tanya orang tuamu yang hidup di tahun 70,80 atau 90an pasti taunya Ilmu Bumi.

Baca juga:
Pola aliran sungai dan ciri-cirinya
Perlapisan batuan sedimen yang fantastis
Batas lempeng konvergen, divergen dan transform

Penggunaan istilah dan pengertian sebenarnya dari geografi dimulai pada tahun 1955 setelah terdapat perguruan tinggi dan kader bangsa yang mengembangkan ilmu tersebut.

Seminar Lokakarya Geograf Indonesia di Semarang tahun 1988 memutuskan bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dan konteks keruangan.

Sementara Ilmu Bumi lebih tepat untuk kata Geologi yang lebih khusus mempelajari kondisi fisik Bumi. Itulah sejarah perkembangan geografi di Indonesia secara singkat. Baca juga: Gunung api strato, shield dan cone
Gambar: disini

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close