Sumber Daya Alam Pulau Sulawesi - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, November 1

Sumber Daya Alam Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi atua Celebes memiliki karakteristik berupa daratannya yang sempit berteluk kecuali di daerah tengah. Berbeda denan Jawa, Sumatera dan Kalimantan, Sulawesi berada di perairan laut dalam. 

Hal ini menjadi faktor sifat keruangan Sulawesi terutama sumber daya alamnya. Sulawesi memiliki daratan sempit berbukit-bukit dan masih 62%nya ditutupi hutan. Dengan demikian potensi sumber daya hutannya masih cukup tinggi.

Hasil hutan Sulawesi antara lain kayu dan rotan. Hasil hutan tadi diekspor melalui pelabuhan Makassar dan Bitung. Sumber daya nabati lainnya berasal dari perkebunan. Hasil perkebunan yang penting bagi Sulawesi yaitu kelapa, cengkeh dan pala. 

Luas perkebunan kelapa Sulawesi sekitar 21% dari luas areal perkebunan kelapa di Indonesia. Dataran rendah tidak begitu luas di Sulawesi dan banyak diusahakan untuk lahan sawah. Baca juga: Animasi gunung api strato, shield dan cone

Sumber daya air yang berarti di Sulawesi adalah danau dan rawa. Danau-danau ayng penting di Sulawesi yaitu Limbota, Tempe, Poso, Towuti dan Matana. Sumber daya utama yang diperoleh dari danau ini adalah ikan. 

Selain itu danau juga banyak dikembangkan sebagai objek wisata. Energi air untuk pembangkit listrik di Sulawesi belum dimanfaatkan secara banyak. Rawa-rawa di dataran rendah, selain menjadi sumber ikan juga dijadikan tambak dan pesawahan. Baca juga: Ragam pola aliran sungai
Sumber Daya Alam Pulau Sulawesi
Aspal Buton terkenal ke seluruh dunia
Bahan galian yang bernilai nasional dari Sulawesi adalah aspal yang ada di Buton. Sebagian besar aspal Indonesia berasal dari Buton. Buton terkenal sebagai penghasil aspal terbaik di dunia. Penambangan aspal ini dilakukan secara terbuka atau open cast mining. 

Baca juga:
Soal UN Geografi 2016 dan jawabannya
Sebaran Iklim Matahari

Bijih yang dikatakan langka dan hanya ada di Sulawesi adalah nikel. Bijih nikel banyak tersebar di Malili, Pegunungan Bulubalang, Soroako dan Kolaka. Nikel ini banyak diekspor ke Jepang sebagai bahan dasar industri. 

Selain bijih nikel, belerang juga banyak ditemukan di Sulawesi yaitu di Gunung Soputan dan Mahawu. Bahan galian yang menunjang pembangunan fisik di Sulawesi adalah batu andesit. Deposit andesit di Sulawesi tersebar di Minahasa, Bandungan, Gorontalo, Lilang, Noongan dan Makupa. 

Batu kapur juga banyak terbar di Tonasa, Bulu Tellue, Bantimala, Bolaang Mongondow, Gorontalo, Minahasa, Dumbe dan Isimu. Batu kapur selain menjadi bahan dasar semen juga sebagai bahan pengeras jalan, kapur tohor, bahan karbit, pemutih dan kaporot.

Bahan galian yang juga bermanfaat yaitu lempng. Lempung merupakan bahan dasar keramik atua gerabah, genting dan barang tahan api. 

Sebarannya di Maelang, Lolah, Bolaang Mongondow, Pidol, Bontimala, Bulutalue dan Pangkep. Magnesit dan pasir kuarsa juga banyak ditemukan di Sulawesi.  

Baca juga: Memahami soil horizon
Gambar: disini

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close