Lapisan Tanah (Soil Horizon) dan Karakteristiknya

- January 12, 2017
Tanah menutupi sebagian besar daratan di bumi dan sangat berguna bagi kehidupan mahluk di atasnya. Tanah tersusun atas berbagai mineral (batu, pasir, tanah liat, lumpur), udara, air dan bahan organik. Tanah menyediakan tempat tumbuh kembang bagi tanaman, sumber nutrisi tanaman dan rumah bagi banyak hewan (serangga, laba-laba, lipan, cacing, hewan penggali, bakteri dan lainnya). Seorang ahli yang khusus mempelajari tanah dinamakan pedologist. 

Ada berbagai jenis tanah di bumi dan masing-masing memiliki karakteristik yang unik mulai dari warna, tekstur, struktur dan kandungan mineralnya. Kedalaman tanah juga bervariasi. Jenis tanah di daerah memengaruhi terhadap jenis vegetasi yang bisa tumbuh. Tanah terbentuk secara perlahan-lahan dari batuan induknya kemudian terkikis dan hancur menjadi butiran-butiran di dekat permukaan bumi. Bahan organik kemudian bercampur dengan bahan anorganik membentuk tanah.
Lapisan tanah atau horizon tanah di berbagai tempat berbeda-beda. Ada yang kaya humus, ada yang tidak ada humus dan ada yang hanya lapisan batuan saja. Jika tanah berkembang secara sempurna, maka ia akan membentuk enam lapisan atau horizon yaitu:
Lapisan Tanah (Soil Horizon) dan Karakteristiknya
Penampang Lapisan Tanah, pic: enchantedlearning.com
Horison O
Merupakan lapisan tanah paling atas dan merupakan lapisan organik dan sangat tipis ketebalannya. Lapisan ini tersusun dari bahan organik seperti sampah daun dan sisa jasad renik hewan yang mati. Lapisan ini berwarna gelap mengarah hitam.
Horison A
Disebut juga topsoil dan berada dekat, dibawah lapisan O. Lapisan ini tersusun atas mineral dan bahan organik dari lapisan di atasnya. Karena itu lapisan ini warnanya masih cokelat gelap. Banyak akar tumbuhan menembus hingga lapisan ini.
Horison E
Disebut juga lapisan eluviaton atau pencucian dan berwana cerah. Lapisan ini kebanyakan mengandung pasir dan lumpur
Horison B
Disebut juga lapisan subsoil dan berada di bawah lapisan E dan diatas lapisan C. Lapisan ini mengandung tanah liat deposit mineral (besi, alumunium oksida dan kalsium karbonat) dan berasal dari lapisan diatasnya ketka air menetes dari lapisan di atasnya.
Horison C
Disebut juga regolith dan tersusun atas batuan yang lapuk. Tanaman tidak bisa menembus lapisan ini dan bahan organik sangat sedikit ditemukan di lapisan ini.
Horison R
Lapisan ini berupa batuan dasar atau bedrock.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search