Pola Aliran Sungai: Dendritik, Trellis, Rectangular, Radial, Annular - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Januari 11

Pola Aliran Sungai: Dendritik, Trellis, Rectangular, Radial, Annular

Dalam geomorfologi, pola aliran sungai dibentuk dari struktur batuan yang ada di sekitarnya. Ada beragam jenis bentuk pola sungai di dunia ini. Semuanya diatur oleh topografi tanah, jenis batuan, kekerasan batuan dan bentuk permukaan bumi. 

Sungai menerima limpasan air dari hujan maupun air tanah. Ada beberapa tipe pola sungai yang familiar di kalangan geolog saat ini yaitu:

1. Dendritik
Dendritik merupakan bentuk paling umum dari sistem sungai. Dalam sistem ini banyak aliran atau anak cabang yang berkontribusi seperti ranting pohon yang kemudian bergabung ke sungai induk. Saluran sungai mengikuti kemiringan lereng dengan tipe batuan homogen dan berada di lembah berbentuk V. Baca juga: Perbedaan pendekatan keruangan, kelingkungan dan kewilayahan

2. Paralel
Pola aliran pararel dibentuk oleh lereng curam dengan batuan heterogen. Karena lereng yang curam, sungai akan berarus cepat dan lurus dengan sedikit anak sungai dan semua mengalir ke arah yang sama. Sistem sungai ini terbentuk pada permukaan dengan kemiringan seragam seperti di tenggara Pegunungan Aberdare Kenya. 
Pola Aliran Sungai: Dendritik, Trellis, Rectangular, Radial, Annular
Pola Aliran Sungai umum di dunia
3. Trelis
Pola aliran ini mirip dengan teralis di rumah anda atau di pagar yang sering digunakan untuk tumbuhan merambat. Sungai mengalir di sepanjang lembah pegunungan lipatan dengan anak sungai yang muncul dari sisi lembah. Anak sungai ini masuk ke sungai induk dengan sudut 90 derajat. Pola ini banyak ditemukan di Pegunungan Appalachia atau di utara Thailand. 

4. Rectangular
Pola ini berkembang pada daerah dengan batuan yang resisten terhadap erosi dan bertipe seragam. Ciri khas dari pola aliran ini adalah bentuknya siku-siku seperti patah. Biasanya pola in banyak ditemukan di daerah berstruktur patahan atau sesar.

Baca juga:
Kaitan zero population dengan kemakmuran
Kode promosi Quipper Video hingga diskon 40%, ayo gabung! 
Kumpulan rumus hitung geografi bab peta dan soal latihannya

5. Radial
Pola radial dibagi dua yaitu radial sentrifugal dan radial sentripetal. Radial sentrifugal adalah aliran sungai yang menyebar dari suatu titik puncak seperti gunung api, lakolit dan kubah. Radial sentripetal adalah pola aliran yang memusat ke satu titik seperti menuju danau atau cekungan.

Baca juga:
Contoh soal ulangan konsep geografi tipe HOTS
Sebaran pola curah hujan di Indonesia barat ke timur
Pengertian dan contoh konsep lokasi mutlak dan relatif
 
Pola Aliran Sungai: Dendritik, Trellis, Rectangular, Radial, Annular
Pola Aliran Sungai, pic: GeologyIn
6. Deranged
Sistem aliran ini adalah aliran di daerah cekungan dengan pola yang tidak jelas mengarah ke sungai atau danau dan terbentuk di daerah dengan banyak gangguan geologi seperti Shield of Canadian. Saat zaman es berakhir lapisan tanah itu tererosi meninggalkan batuan dasarnya. Itulah mengapa banyak danau ditemukan di Kanada. 

7. Annular
Pola ini mengikuti morfologi kubah berbentuk melingkar dan konsentris seperti di wilayah Red Valley atau Black Hills South Dakota.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close