Fenomena Bukit Gravitasi Melawan Hukum Alam? - Gurugeografi.id

Fenomena Bukit Gravitasi Melawan Hukum Alam?

- January 30, 2018

Baca Juga

Kalian tentu pernah mendengar atau melihat di berita tentang adanya
mobil yang bergerak sendiri di daerah perbukitan bukan?. Itu adalah fenomena bukit gravitasi. Bukit gravitasi adalah tempat dimana gravitasi nampaknya bekerja melawan dirinya sendiri dan nampaknya gravitasi semetara tidak bekerja sebagaimana mestinya. Bukit gravitasi pada intinya adalah sebuah ilusi optik. Pemandangan sebuah landscape menurun yang nampak menanjak. 

Mobil bisa terlihat bergerak menanjak melawan gradien jalan dan membuat pengemudi bingung. Salah satu hal penting dari sebuah bukit gravitasi adalah bahwa garis cakrawala sebagian dan seluruhnya dikaburkan dan membuat persepsi penonton terhadap naik dan turun menjadi bias. Selain itu medan magnet juga bisa dikaitkan dengan fenomena ini.

Beberapa bukit gravitasi dilaporkan bukan hanya terkait ilusi optik namun juga karena adanya gaya supranatural. Sebagian besar adalah mitos dan hanya legenda lokal namun para penduduk lokal biasanya akan tetap mempercayai hal tersebut.
Fenomena Bukit Gravitasi Melawan Hukum Alam?
Bukit gravitasi adalah ilusi optik

Para ilmuwan sudah membuktikan bahwa dalam mengamati sebuah bukit gravitasi, anda tidak dapat melihat cakrawala, pepohonan melengkung dengan cara berbeda, radien jalan diimbangi oleh kondisi geografi bukit-bukit di sekitarnya. Persepsi manusia seringkali tidak cukup membedakan mana yang benar di depan kita, otak kita begitu banyak menyerap informasi sehingga sulit membuat kesimpulan yang tepat.

Keajaiban dari bukit gravitasi ini sangat erat kaitannya dengan ilmu pengetahuan dan tidak bisa hanya dikaitkan dengan mitos gaib. Di Indonesia sendiri ada beberapa lokasi yang disinyalir memiliki fenomena bukit gravitasi ini. Jadi anda sekarang paham bahwa bukit gravitasi adalah ilusi optik dan tidak ada kaitannya dengan supranatural. Penjelasan dibalik fenomena ini harus dilakukan oleh berbagai ahli seperti geografi, fisika hingga ahli optik untuk bisa memberikan alasan ilmiah yang dapat diterima oleh masyarakat. Baca juga: Batuan basa dan asam itu bedanya apa?

Gambar: disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search


Iklan Melayang