Pengertian dan Makna Bhinneka Tunggal Ika

- February 01, 2018
Sebagai negara kepulauan dan kaya akan etnis, Indonesia harus memiliki perekat agar kesatuan dan persatuan bangsa tetap terjaga. Perekat bangsa Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika. Semboya ini diungkapkan pertama kali oleh Mpu Tantular dalam kita Sutasoma yang berbunyi "Berbeda-beda itu, satu mangrwa", Artinya berbeda-beda itu, tak ada pengabdian yang mendua. Semboyan ini kemudian menjadi prinsip pemerintahan Majapahit.

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika pada masa Majapahit digunakan untuk mengantisipasi keanekaragaman agama yang dipeluk Majapahit masa itu. Meskipun agama rakyatnya berbeda mereka tetap satu dalam pengabdian. Pada tahun 1951, semboyan Bhinneka Tunggal Ika ditetapkan pemerintah Indonesia sebagai semboyan resmi NKRI. Dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, semboyan ini selalu digunakan untuk mendorong lahirnya semangat persatuan bangsa. Bhinneka Tunggal Ika memberi pesan agar keanekaragaman Indonesia senantiasa dipelihara dan dipandang sebagai aset nasional.
Pengertian dan Makna Bhineka Tunggal Ika
Bhineka Tunggal Ika Pemersatu Bangsa Indonesia

Bhinneka Tunggal Ika bagi bangsa Indonesia merupakan dasar untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan Indonesia. Meskipun bangsa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa, agama, budaya, ras dan golongan namun tetap satu dalam bingkai kesatuan. Perwujudan semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari antara lain saling menghargai dan menghormati antar masyarakat tanpa memandang perbedaan yang ada di dalmnya. Dengan begini kepentingan bersama selalu diutamakan daripada kepentingan pribadi.

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika merupakan alat pemersatu bangsa. Selain semboyan tersebut, negara Indonesia memiliki alat pemersatu bangsa sebagai berikut:
a. Dasar negara Pancasila
b. Bendera Merah Putih sebagai bendera kebangsaan
c. Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa persatuan
d. Lambang negara Garuda Pancasila
e. Lagu Indonesia Raya
f. Lagu-lagu perjuangan

Persatuan dan kesatuan bangsa memiliki arti sangat penting bagi bangsa Indonesia. Persatuan dalam keberagaman ini harus dipahami oleh setiap warga negara agar terwujud masyarakat madani yang berkeadilan sosial bagi seulruh rakyat Indonesia. Selain itu kehidupan berbangsa dan bernegara akan senantiasa aman, damai dan tanpa gangguan.

Gambar: disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search