Perbedaan OSN Geografi dan Kebumian

- February 01, 2018

Baca Juga

Halo teman-teman sekalian bagaimana kabarnya hari ini, semoga sehat selalu dan tetap produktif. Kali ini saya akan memberikan sedikit info pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional atau OSN yang biasa menjadi agenda tahunan siswa-siswi Indonesia. Saya disini akan membahas bedanya soal OSN Kebumian dengan Geografi. Saya sejak beberapa tahun lalu mendampingi siswa/i untuk bimbingan OSN Kebumian dan Geografi.

Pada dasarnya baaik bidang Kebumian dan Geografi memiliki objek studi yang sama yaitu Bumi sebagai sebuah planet. Lalu dimana perbedaannya?. Geografi memiliki kajian yang lebih luas dibandingkan kebumian karena aspek nya mencakup fisik dan sosial. Soal-soal OSN Geografi memadukan antara pengetahuan spasial analisis mendalam. Meskipun saya guru geografi namun jika memilih, saya lebih suka membimbing OSN Kebumian.

Soal OSN Geografi menuntut siswa bukan hanya paham tentang lokasi namun juga analisanya dan juga pengetahuan umum. Tak jarang ada soal yang berkaitan dengan fenomena yang sedang terjadi beberapa hari lalu. 

Sementara itu OSN Kebumian lebih kepada mempelajari kenampakan fisik bumi saja. Dalam hal ini tidak ada aspek manusia (demografi) atau pengetahuan negara-negara disana. Contoh disiplin ilmi kebumian antara lain geologi, vulkanologi, oseanografi, stratigrafi, mineralogi, geomorfologi dan astronomi. Disini kamu akan banyak menemukan berbagai macam istilah kebumian.

Kalau kamu mau cari contoh soal OSN Kebumian dan Geografi, silahkan cari di google aja pastinya banyak yang sudah upload. Jadi itulah bedanya soal OSN Kebumian dengan Geografi. Jadi pilihan ada di tangan kamu sendiri, dan tentunya sesulit apapun soalnya kalau kamu sudah belajar dengan tekun maka pasti akan bisa mengerjakannya.

Kalau kamu mau mencari materi OSN Geografi dan Kebumian silahkan cari di blog saya ini. Perbanyaklah mempelajari soal-soal OSN tahun sebelumnya karena tipe soal selalu sama hanya ada modifikasi sedikit saja. Belajarlah langsung dari soal dan cek langsung di internet. Selamat ber OSN ria.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search