Pengertian Potensi Sosial Wilayah Indonesia

- March 21, 2018

Baca Juga

Potensi fisik jika diimbangi dengan potensi sosial jelas tidak akan memunculkan sebuah negara yang tangguh. Indonesia saat ini menempati urutan keempat dalam hal jumlah populasi terbesar di dunia, dibawah China, India dan AS. Ini merupakan salah satu potensi sosial dalam hal kuantitas penduduk. Lalu apa saja potensi sosial lain yang Indonesia miliki saat ini dan bisa menjadi penunjang pembangunan?.

a. Persebaran dan Kualitas Penduduk Indonesia
Persebaran penduduk Indonesia saat ini masih belum merata dan terkonsentrasi di Pulau Jawa. Menurut data 2013, DKI Jakarta memiliki kepadatan penduduk tertinggi di Indonesia yaitu lebih dari 15.234 jiwa/km persegi dan kepadatan penduduk terenah adalah di Papua Barat yaitu 8-9 jiwa/km persegi.

Indonesia saat ini memiliki jumlah penduduk yang besar, sekitar 237 juta jiwa. Penduduk usia produktif (15-64 tahun) sekitar 45% dan akan terus meningkat hingga 2025. Penduduk usia produktif memiliki potensi besar bagi pembangunan namun hal ini harus diiringi dengan kualitas penduduk yang baik. Kualitas penduduk dipengaruhi oleh tiga faktor berikut:
1. Pendidik
Semakin tinggi tingkat pendidik, maka semakin tinggi pula kualitas usmber daya manusia yang dimiliki. Indikatornya adalah tingkat buta huruf.
2. Kesehatan
Kondisi gizi sangat berpengaruh pada pola pikir, katahanan belajar dan kreatifitas seseorang. Angka kematian bayi dapat menjadi indikator tingkat kesehatan di suatu negara.
3. Pendapatan per kapita
Pendapatan per kapita Indonesia masih di bawah rata-rata dunia bahkan di Asia Tenggara sendiri. Indonesia ada di bawah Singapura, Malaysia dan Thailand dalam hal pendapatan per kapita.
Pengertian Potensi Sosial Wilayah Indonesia
Kebudayaan merupakan aset Indonesia
b. Keragaman Budaya Indonesia
Indonesia kaya akan suku bangsa dan budaya yang meliputi bahasa, kesenian, makanan, tarian, adat dan lainnya. Kearifan lokal budaya di Indonesia merupakan aset yang harus dirawat dan dilestarikan untuk dijadikan daya tarik wisata dan sebagai identitas Indonesia. Hasil kebudayaan masyarakat Indonesia nampak dari tata perilaku, baju adat, senjata, rumah adat, upacara adat hingga arstitektur seperti candi dan lainnya.

c. Kreatifitas
Saat ini berbagai macam kreasi anak bangsa banyak bermunculan. Ini merupakan salah satu kunci pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat. Di era globalisasi ini masyarakat Indonesia banyak melahirakn inovasi-inovasi produk yang bernilai jual sehingga mampu meningkatkan daya saing dengan negara-negara lain. Gambar: disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search