SBMPTN Geografi: Erosi tanah di Parangtritis yang membentuk cekungan antar gumuk pasir adalah - Gurugeografi.id

SBMPTN Geografi: Erosi tanah di Parangtritis yang membentuk cekungan antar gumuk pasir adalah

- April 28, 2018

Baca Juga


Halo teman-teman sekalian, sudah siap untuk menghadapi SBMPTN esok?. Kalau belum siap yuk belajar lebih giat lagi. Kali ini saya akan coba bahas soal SBMPTN Geografi 2017 Nomor 1. 

1. Erosi tanah di Parangtritis yang membentuk cekungan antar gumuk pasir adalah ....
a. abrasi
b. ablasi
c. deflasi
d. eksarasi
e. korosi
Jenis-jenis erosi di permukaan bumi
Gumuk pasir di Parangtritis
Erosi pada dasarnya adalah proses pengangkutan zat entah itu tanah, debu, batuan, kerikil dan lainnya dari satu tempat ke tempat lain. Nah ada beberapa jenis erosi guys dan setiap jenis erosi ini akan menghasilkan bentukkan yang berbeda. Soal no 1 di atas menjelaskan tentang jenis erosi menurut tenaga pembentuknya.

Abrasi adalah erosi yang disebabkan oleh tenaga gelombang air laut. Jadi abrasi itu jelas berada di dekat pantai ya guys. Jika kamu pergi ke pantai pasti sering lihat bibir pantai yang hancur terkikis air laut bukan?.

Ablasi adalah erosi yang disebabkan oleh tenaga air (tawar) di daratan. Contoh ablasi alah terbentuknya meander, gosong pasir sampai delta.

Deflasi adalah erosi yang disebabkan oleh tenaga angin yang menerbangkan partikel seperti debu dan pasir lalu mengendap di suatu tempat. Contoh fenomena deflasi adalah gumuk pasir.

Eksarasi adalah erosi yang disebabkan oleh tenaga es alias gletser guys. Biasanya ini terjadi di pegunungan seperti Alpen dan Puncak Jaya. Contoh fenomena akibat eksarasi adalah morena.

Korosi adalah erosi yang disebabkan tenaga angin lalu angin ini menabrak satu formasi seperti batuan sehingga batuan terkikis. Hasil kikisan itu membentuk fenomena seperti batu jamur.

Jadi jawaban no satu diatas jelas adalah deflasi.
Gambar: disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search


Iklan Melayang