Upaya mengatasi kekurangan air di daerah perbukitan karst dilakukan dengan penggunaan

- April 28, 2018

Oke teman-teman kali ini saya akan coba bahas lagi soal SBMPTN Geografi nomor 2. Silahkan disimak, dipelahari dan jangan malas membaca.

1. Upaya mengatasi kekurangan air di daerah perbukitan kars dilakukan dengan penggunaan ....
a. teknologi biopori dan sumur bor
b. bak penampungan dan revitalisasi dolina
c. sumur bor dan revitalisasi dolina
d. bak penampung dan saluran irigasi
e. saluran irigasi dan teknologi biopori
Cara mengatasi kekeringan di daerah karst
Perbukitan karst
Karst atau kapur atau gamping adalah suatu bentukkan alam yang dihasilkan dari endapan batu koral yang ter angkat oleh gaya tektonik hingga muncul ke daratan. Bentang alam karst ini sangat unik sobat karena memiliki ciri khas yaitu sering terjadi kekeringan. Mengapa daerah karst sering kekeringan?. Karena daerah karst itu memiliki tingkat porositas yang tinggi sehingga saat air itu jatuh ke permukaan tanah, maka ia akan langsung masuk menyerap ke dalam tanah hingga ke sistem saluran air bawah tanah. Jadi pada dasarnya di daerah karst itu banyak air, namun lokasinya jauh di bawah permukaan. Nah ini yang menjadi masalah bagi manusia.

Jadi solusi paling relevan untuk mengatasi kekeringan di daerah karst menurut saya adalah dengan membuat bak penampung dan saluran irigasi. Bak penampung ini dimaksudkan agar saat hujan air bisa tertampung dan tidak meresap ke dalam tanah kapur. Setelah bak penampungan penuh maka air akan didistribusikan melalu saluran pipa irigasi ke rumah-rumah penduduk. Jadi jawabannya adalah d menurut saya.

Gambar: disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search