Variasi kepadatan penduduk antar kabupaten di Pulau Jawa atau Kalimantan disebabkan oleh

- April 28, 2018

Oke langsung saja kali ini saya akan bahas lagi terkait soal SBMPTN Geografi 2017 nomor 5. Simak baik-baik dan tetap semangat.

5. Variasi kepadatan penduduk antar kabupaten di Pulau Jawa atau Kalimantan disebabkan oleh ....
a. perkembangan ekonomi
b. pertumbuhan penduduk
c. perbedaan luas wilayah
d. rasio gini penduduk
e. mobilitas penduduk
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/33/Bev%C3%B6lkerungsdichte_Indonesiens.png
Peta kepadatan penduduk Indonesia
Kepadatan penduduk merupakan suatu fenomena yang tekait dengan bertambahnya populasi penduduk pada suatu wilayah. Ini berkaitan dengan kuantitas penduduk. Kota-kota di Indonesia memiliki kepadatan yang berbeda dan hal ini tentu disebabkan oleh faktor perkembangan ekonomi daerah tersebut. Jika suatu daerah itu berkembang pesat maka tentu akan menarik penduduk dari luar daerah untuk datang dan mengadu nasib disana. Dampak lainnya adalah kepadatan penduduk semakin meningkat dari tahun ke tahun. Lihat saja Jabodetabek yang semakin hari semakin padat oleh kaum urban.

Ingat prinsip ada gula ada semut. Penduduk yang banyak adalah sumber adanya uang karena pasti ada banyak kebutuhan hidup berputar disana mulai dari kebutuhan sandang, pangan dan papan. Inilah masalah yang dihadapi Indonesia dari sisi kuantitas penduduk yaitu ketidamerataan pembangunan dan penduduk. Mayoritas penduduk Indonesia berada di Jawa sementara pulau lainnya masih belum begitu padat.

Gambar: disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search