Faktor Pertumbuhan Pariwisata Dunia - Gurugeografi.id

Faktor Pertumbuhan Pariwisata Dunia

- May 03, 2018

Baca Juga

Apakah kamu hobi berwisata?. Jika iya maka kamu adalah manusia normal karena rutinitas kerja membuat tubuh perlu mendapatkan asupan liburan untuk menurunkan ketegangan. Menurut data 2010, tercatat ada 940 juta orang tiba di berbagai negara karena faktor wisata. Mobilitas ini bernilai 919 miliar dollar yang menjadikan pariwisata sebagai salah satu industri terbesar di dunia. Pariwisata menjadi industri penting bagi pertumbuhan ekonomi dan lingkungan.

Pariwisata dapat membantu ekonomi dan perkembangan infrastruktur negara. Selain itu lapangan pekerjaan baru juga akan meningkat. Beberapa negara menjadikan pariwisata sebagai sektor utama seperti Maladewa dan Karibia. Di Indonesia daerah yang menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan adalah Pulau Bali.
Faktor Pertumbuhan Pariwisata Dunia
Pantai adalah salah satu objek wisata alam
Ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pariwisata dunia akhir-akhir ini:
1. Meningkatnya Pendapatan
Sejak tahun 1950, manusia semakin kaya dari sisi ekonomi. Ada lebih banyak pendapatan yang dibelanjakan. Saat ini manusia juga bisa mengambil cuti liburan sehingga wisata semakin berkembang.
2. Banyak Iklan Wisata
Saat ini banyak iklan-iklan di berbagai media yang menginformasikan lokasi-lokasi wisata di berbagai wilayah dunia. Ini mendorong orang untuk lebih mudah menentukan tujuan liburan mereka.
3. Kepemilikan Kendaraan
Saat ini hampir semua penduduk memiliki kendaraan pribadi dan ini memberi kebebasan mereka untuk pergi dan menghabiskan waktu liburan.
4. Perkembangan Teknologi
Teknologi membuat sarana prasarana transportasi semakin pesat dan memudahkan manusia untuk bermobilitasi. Selain itu pertumbuhan aplikasi mobile membantu manusia dalam melakukan pemesanan tiket liburan.
5. Lebih Banyak Waktu Luang
Kini manusia banyak memiliki waktu luang entah itu di akhir pekan, libur nasional, pensiun atau cuti lama. Ini membuat manusia bisa menjelajahi beberapa tempat untuk mengisi waktu luang tersebut.
6. Banyak Pilihan
Dulu dunia pariwisata mungkin tidak sebanyak saat ini dalam hal atraksi wisata. Kini di era industri kreatif, aneka tawaran model pariwisata sangat banyak mulai dari wisata alam, ekowisata hingga wisata menantang adrenalin pun ada. 

Gambar: disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search


Iklan Melayang