Contoh Konsep Geografi Interaksi Wilayah - Guru Geografi
News Update
Loading...

Kamis, Mei 3

Contoh Konsep Geografi Interaksi Wilayah

Belajar geografi tentu pastinya akan membahas tentang wilayah. Wilayah adalah suatu daerah yang punya kenampakan khas dan bisa dibedakan dengan wilayah lain. 

Ada banyak wilayah di permukaan bumi ini dan percaya atau tidak setiap wilayah ini berinteraksi satu sama lain lho!. 

Sama halnya seperti manusia, wilayah di permukaan bumi juga berinteraksi. Jadi interaksi wilayah adalah hubungan timbal balik antar wilayah. 

Mengapa bisa terjadi interaksi wilayah?. Kita bahas dalam artikel ini. Sebuah wilayah pastinya memiliki potensi baik potensi fisik maupun potensi non fisik. 

Potensi ini yang membuat wilayah bisa berkembang dengan adanya pembangunan wilayah. Lalu apa syarat terjadinya interaksi wilayah?. 

Minimal ada dua syarat interaksi yaitu adanya wilayah yang saling melengkapi karena perbedaan sumber daya dan adanya sarana prasarana penunjang. Baca juga: Contoh konsep aglomerasi
Contoh Konsep Geografi Interaksi Wilayah
Pembangunan sarana transportasi memperlancar interaksi wilayah
Interaksi wilayah membuat suatu wilayah bisa berkembang pesat namun bisa juga berkembang ke arah kehancuran. Interaksi yang terus menerus maka akan menghasilkan interdependensi atau ketergantungan. 

Ketergantungan mengakibatkan jika sedikit saja pasokan barang dan jasa berkurang maka akan terjadi permasalahan dalam wilayah tersebut. Interaksi wilayah semakin pesat seiring perkembangan teknologi transportasi dan telekomunikasi. 

Di masa lalu manusia bisa berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain dengan jalan kaki atau menggunakan hewan seperti kuda dan unta. Lambat laun peradaban manusia berkembang, lalu muncullah roda, mesin dan sekarang berbagai macam transportasi yang cepat dan efisien. 

Pergerakan barang dan jasa dari satu wilayah ke wilayah lain semakin cepat membuat jarak dan waktu kini semakin tak berarti.

Saat ini pembangunan infrastruktur khususnya jalan semakin pesat di Indonesia dengan tujuan agar memperlancar arus mobilitas. 

Dampak yang akan diperoleh adalah lahirnya kutub-kutub pertumbuhan baru sehingga masyarakat tidak lagi berpusat untuk mencari kehidupan di kota besar yang padat seperti Jakarta dan sekitarnya. Baca juga: Contoh konsep geografi pola

Gambar: disini

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close