Pengertian Aspek Trigatra Dalam Wawasan Nusantara - Guru Geografi
News Update
Loading...

Kamis, Mei 3

Pengertian Aspek Trigatra Dalam Wawasan Nusantara

Sebuah negara perlu konsep ketahanan yang kuat agar bisa berdiri tegak. Ketahanan sebuah negara harus dijaga agar NKRI ini bisa tetap utuh hingga akhir zaman. 

Menurut konsepsi Ketahanan Nasional disebutkan bahwa seluruh aspek kehidupan nasional dapat diperinci dendan sistematika astagatra yang dibagi ke dalam trigatra dan pancagtra. 

Kita akan bicara tentang aspek trigatra terlebih dahulu. Pengertian aspek trigatra adalah aspek yang berkaitan dengan hal-hal alamiah. 

Aspek trigatra meliputi kondisi geografis, kekayaan alam dan kependudukan. Mari kita cek satu per satu. Baca juga: Aspek pancagatra wawasan nusantara
Pengertian Aspek Trigatra Dalam Wawasan Nusantara
Indonesia punya deposit bahan galian yang besar
a. Aspek Geografi
Indonesia merupakan negara kepulauan yang secara geografi berada diantara Benua Asia dan Australia serta diantara Samudera Pasifik dan Hindia. 

Letak geografis ini sangat penting karena menandakan bahwa Indonesia punya suatu kedudukan geografis di tengah-tengah jalur lalu-lintas silang dunia. 

Karena kedudukannya yang strategis ini maka dilihat dari tiga aspek kesejahteraan di bidang politik, ekonomi dan sosial budaya, Indonesia telah banyak mengalami pertemuan dengan pengaruh pihak asing atau akulturasi. 

Globalisasi yang semakin intens membuat Indonesia menjadi salah satu target industrialisasi.
b. Aspek Kekayaan Alam
Indonesia punya potensi umber daya alam yang melimpah baik yang hayati maupun non hayati. Berbagai jenis hewan dan tumbuhan banyak ditemukan dari mulai Sabang hingga Merauke. 

Selain itu berbagai bahan galian strategis tersebar secara tidak merata di berbagai pulau. Sumber daya alam harus diolah dan dimanfaatkan dengan berprinsip pada asas keberlanjutan (maksimal, lestari dan berdaya saing).
1. Asas maksimal artinya sumber daya alam yang dikelola atau dimanfaatkan harus benar-benar membuat kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
2. Asas lestari artinya pengelolaan usmber daya alam tidak boleh merusak lingkungan dan memperhatikan keseimbangan alam.
3. Asas daya saing artinya hasil-hasil sumber daya alam harus bisa bersaing dengan sumber daya alam negara lain.

c. Aspek Kependudukan
Penduduk adalah sekumpulan manusia yang menetap pada suatu wilayah. Faktor penduduk yang mempengaruhi ketahanan nasional adalah faktor kuantitas dan kualitas. 

Faktor kuantitas penduduk terkait dengan jumlah dan sebaran penduduk sementara faktor kualitas terkait dengan kesehatan, pendidikan dan gaya hidup. Baca juga: Ini Dia Dampak Letak Astronomis Indonesia di Kehidupan

Gambar: disini

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close