Contoh Konsep Geografi Morfologi atau Bentuk Muka Bumi

- May 02, 2018
Sebelumnya kita sudah belajar 3 konsep geografi yaitu lokasi, jarak dan keterjangkauan.
Kali ini kita akan coba bahas tentang tentang konsep morfologi. Morfologi dalam geografi adalah bentuk permukaan bumi. Bentuk permukaan bumi ini bervariasi sekali guys dan terus berkembang dari masa ke masa. Ada dua tenaga yang membuat morfologi permukaan bumi ini bisa bermacam-macam yaitu tenaga endogen dan tenaga eksogen.

Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. Tenaga endogen ini bersifat membangun struktur permukaan bumi. Yang termasuk tenaga endogen adalah vulkanisme, tektonisme dan seisme. Sebenarnya semua fenomena tadi berasal dari aktivitas magma. Vulkanisme menghasilkan beberapa morfologi seperti kaldera, gunung api, batolit dan lakolit. Tektonisme berkaitan dengan gerakan lempeng tektonik dan terbagi menjadi orogenesa dan epirogenesa. Baca juga: Contoh, pengertian konsep pola

Orogenesa adalah proses pembentukkan pegunungan sememtara epirogenesa adalah proses pembentukan daratan benua. Seisme berkaitan dengan gempa yang bisa menyebabkan kerusakan di atas permukaan bumi. Gempa yang paling kuat adalah gempa tektonik. Gempa tektonik banyak terjadi di batas lempeng konvergen atau di zona subduksi.
Contoh Konsep Geografi Morfologi atau Bentuk Muka Bumi
Kawah meteorit hasil tumbukan benda asing
Tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar dan bersifat merusak atau merombak struktur yang telah ada. Yang termasuk tenaga eksogen adalah erosi, sedimentasi, pelapukan dan tenaga ekstaterestrial. Penyebab erosi bisa oleh bantuan air, angin, es dan gravitasi. Erosi ini adalah upaya bumi untuk menyeimbangkan diri sehingga kita membutuhkan erosi. Erosi membuat permukaan bumi semakin bervariasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Hasil aktivitas eksogen diantaranya meander, delta, batu jamur, tombolo, morena dan gumuk pasir. Tenaga ekstraterestrial adalah tenaga yang bersumber dari benda asing seperti meteor. Meteor yang mengantam bumi akan menghasilkan cekungan seperti kawah Arizona di Amerika Serikat. Baca juga: Contoh konsep aglomerasi

Jadi kesimpulannya morfologi permukaan bumi bervariasi. Dalam soal UN contoh kalimat yang menyatakan konsep morfologi adalah sebagai berikut:
- Wilayah Bandung didominasi dataran tinggi.
- Gunung Ciremai berada di ketinggian 3.500 mdpl.

Gambar: disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search