Contoh Konsep Geografi Jarak Absolut dan Relatif

- April 29, 2018
Sebelumnya saya sudah jelaskan tentang bagaimana memahami konsep lokasi. Kali ini saya akan lanjut membahas konsep geografi yang kedua yaitu jarak. Jarak adalah panjang lintasan antara dua tempat. Jarak juga terbagi dua yaitu jarak absolut dan jarak relatif. Ada banyak tempat tersebat di permukaan bumi ini dan jarak antar tempat tersebut bervariasi. Baca juga: Konsep pola dalam geografi

Jarak absolut atau mutlak adalah jarak yang dihitung berdasarkan satuan panjang seperti km, m, cm dan lainnya. Bagaimana contoh kalimat yang menyatakan jarak absolut?. Mudah saja, lihat di bawah ini:

"Saya menempuh perjalanan dari rumah ke sekolah sejauh 6 km"
Contoh Konsep Geografi Jarak Absolut dan Relatif
Jarak absolut dan relatif
Dalam kalimat di atas ada angka "6 km", itu adalah kata kunci untuk jarak absolut. Mudah bukan?. Oke lanjut lagi ke konsep jarka relatif. Jarak relatif adalah jarak atau panjang lintasan yang diukur dengan satu waktu tempuh guys. Jadi disini satuan yang digunakan adalah satu waktu seperti jam, menit atau detik. Contoh kalimat yang menyatakan konsep lokasi relatif bisa dilihat di bawah ini:

"Saat mudik lebaran kemarin, saya menempuh perjalanan dari Bekasi ke Semarang selama 7 jam perjalanan"

Dalam kalimat di atas terdapat kata "7 jam" dan itu sudah menyatakan konsep jarak relatif. Jarak relatif ini bisa berbeda-beda dan biasanya dipengaruhi faktor fisik wilayah dan aksesibilitas. Contohnya jarak absolut Jakarta-Bandung adalah 200 km tapi jarak relatif waktu tempuhnya berbeda-beda karena mungkin macet di jalan atau hujan atau lainnya. 

Bagaimana, sudah paham bukan sekarang tentang konsep jarak relatif?. Jangan lupa like dan follow blog saya dan subscribe channel gurugeografi di youtube untuk dapatkan pembahasan materi geografi dan soal UN/SBMPTN. Baca juga: Contoh konsep aglomerasi

Gambar: disini
Comments
0 Comments

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search