Kunci Jawaban Evaluasi Geografi Kelas X Erlangga Bab 1

Halo kawan-kawan sekalian, di postingan kali ini saya akan berikan contoh kunci jawaban evaluasi geografi kelas X buku Erlangga bab 1.

Saya akan berikan sedikit ulasan tentang konsep geografi, jadi jangan sampai hanya nyalin kunci ya. Coba sambil baca-baca biar paham materinya dan tidak hanya dapat nilai aja.

Geografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena di permukaan bumi dengan sudut pandang keruangan. Konsep utama geografi adalah lokasi karena kita berangkat dari satu titik lokasi/tempat di permukaan bumi.

Lokasi tersebut akan dianalisa menggunakan pendekatan dan prinsip geografi untuk mendapatkan gambaran jelas tentang apa yang ada di lokasi tersebut.

Berikut kucni jawaban evaluasi geografi erlangga tapi pastikan untuk baca lagi materinya karena belum tentu 100% kunci ini benar. Jadilah siswa yang bijak.
Kunci Jawaban Evaluasi Erlangga
Kunci Jawaban Evaluasi Geografi Erlangga Kelas X
A. Pilihan Ganda
1. A 2. C 3. B 4. C 5. D 6. D 7. A 8. C 9. C 10. D 11. C 12. B 13. B 14. A 15. C 16. C 17. A 18. B 19. A 20. B

B. Isian
1. Eratosthenes
2. biosfer
3. hidrosfer
4. geologi
5. lokasi relatif
6. diferensiasi area
7. keruangan
8. korologi
9. deskripsi
10. observasi

Baca juga: Kunci erlangga kelas 12 geografi interaksi desa kota

C. Uraian
1. Karena geografi mempelajari semua gejala yang ada pada ruang permukaan bumi. Mempelajari struktur ruang bumi dapat menggunakan analisis lokasi, sebaran dan interelasi. Bumi sebagai planet kehidupan merupakan suatu ruang yang terdiri dari beberapa lapisan dengan gejala yang khas di tiap lapisan.
2. Bisa karena dalam geografi ada pendekatan ekologi dimana pendekatan ini memfokuskan kajian pada pengaruh aktifitas manusia terhadap perubahan struktur suatu ruang. Contohnya daerah perbukitan bisa dirubah menjadi pemukiman atau industri oleh manusia.
3. Banjir di Jakarta sangat berkaitan dengan kondisi Sungai Ciliwung yang mengalir dari Bogor sampai Jakarta. Debit air Ciliwung dipengaruhi kondisi curah hujan di hulu dan bantaran sungai. Kondisi bantaran Ciliwung sangat padat pemukiman sehingga mengurangi volume tampung sungai.
Perilaku manusia disekitar sungai yang membuang sampah sembarangan ke sungai juga memicu pendangkalan sungai. Dampaknya saat musim hujan tiba banjir selalu melanda Jakarta.
4. Aspek yang dipelukan adalah aspek fisik seperti kondisi jalan, kontur jalan, arah.
5. Observasi adalah kemampuan memahami konsep geografi dengan melakukan penjelajahan dan pengamatan tentang ruang bumi.
Deskripsi adalah kemampuanmenjelaskan fenomena geosfer yang terdapat di muka bumi secara detail.
Klasifikasi adalah mengelompokkan fenomena-fenomena geosfer dengan syarat tertentu.
Pemetaan adalah kemampuan membuat dan membaca peta dengan baik.
Analisis adalah kemampuan menganalisa hubungan sebab akibat antara fenomena geosfer satu dan lainnya.

Baca juga: Rangkuman Bab Hakikat Geografi