Rangkuman Geografi Kelas 10 Hakikat Geografi

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan rangkuman materi kelas 10 tentang hakikat, konsep, pendekatan dan prinsip geografi.

Materi geografi pertama di SMA adalah pemahaman tentang konsep dasar geografi dari mulai sejarah ilmu geografi sampai ruang lingkupnya. Dari bekal dasar ini siswa nanti akan paham tentang keunikan geografi.

Geografi adalah ilmu tentang ruang permukaan bumi dan termasuk kedalam studi interdisipliner karena memadukan semua aspek sosial dan alam.

Kekhasan geografi terletak pada pendekatan keruangan (spasial) yang merupakan cara pandang terhadap suatu ruang.

Baca juga: Kunci Evaluasi Erlangga Geografi Bab 1
Rangkuman geografi kelas 10
Rangkuman
1. Geografi berasal dari bahasa Yunani geo (bumi) dan graphein (gambar) artinya gambaran tentang bumi.
2. Filsuf pertama yang menemukan kata geografi adalah Eratosthenes dari Yunani.
3. Menurut Seminar IGI Semarang 1988 Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.
4. Ruang lingkup geografi terdiri dari geografi fisik, geografi sosial dan geografi regional.
5. Objek studi geografi terdiri dari objek material dan objek formal.
6. Objek material geografi adalah geosfer (lapisan bumi) terdiri dari atmosfer, hidrosfer, litosfer, pedosfer, biosfer dan antroposfer.
7. Objek formal geografi adalah pendekatan keruangan, pendekatan kelingkungan dan pendekatan kewilayahan
8. Prinsip geografi adalah penyebaran, interelasi, deskripsi dan korologi.
9. Aspek geografi adalah aspek fisik dan non fisik.
10. Konsep geografi terdiri atas lokasi, jarak, keterjangkauan, pola, morfologi, aglomerasi, interaksi, nilai guna, diferensiasi dan asosiasi.
11. Nilai pembelajaran geografi terdiri atas nilai teoritis, nilai praktis, nilai edukatif dan nilai ketuhanan
12. Ilmu bantu geografi diantaranya adalah geologi, meteorologi, demografi, astronomi, hidrologi, oseanografi, biologi dan lainnya.
13. Sejarah perkembangan geografi dunia terbagi menjadi geografi klasik, geografi abad pertengahan, geografi modern, geografi akhir abad 19 dan geografi mutakhir.

Itulah kajian dasar hakikat geografi sebagai sebuah ilmu bumi. Geografi terus berkembang dari waktu ke waktu seiring perkembangan zaman. Perubahan geosfer saat ini sangat pesat karena aktifitas manusia yang semakin masif sehingga peranan geografi penting dalam mengelola ruang bumi supaya tidak terjadi kesalahan dan bencana di masa depan.

Baca juga: Penjelasan konsep, pendekatan, prinsip geografi