Kunci Jawaban Evaluasi Erlangga Bab Interaksi Desa-Kota

Halo kawan-kawan kali ini saya akan coba berikan contoh kunci jawaban evaluasi geografi buku erlangga bab interaksi desa-kota.

Sebelumnya saya ingatkan untuk tetap kroscek jawaban dengan membaca materi, supaya kamu dapat ilmunya juga. Saya akan berikan sedikit gambaran mengenai interaksi desa-kota.

Desa dan kota adalah suatu kesatuan unit ruang yang memiliki karakteristik berbeda tapi saling melengkapi satu sama lain. Desa identik dengan kehidupan agraris sementara kota identifik dengan kehidupan materialistis.

Interaksi desa dan kota terjadi karena faktor permintaan dan penawaran. Desa adalah hinterland atau penyokong perkotaan. Pengaruh interaksi desa dan kota ini bisa positif dan negatif.
Kunci evaluasi geografi erlangga bab interaksi desa kota
A. Pilihan Ganda
1.B 2.D 3.A 4.C 5.A 6.B 7.D 8.A 9.E 10.D 11.E 12.B 13.E 14.A 15.B 16.B 17.B 18.C 19.D 20.E

B. Isian
1. Menurut Bintarto kota adalah suatu sistem jaringan kehidupan manusia yang ditandai dengan kepadatan penduduk tinggi dan diwarnai dengan strata sosial-ekonomi yang heterogen dengan corak hidup materialistis.
2. sekitar aliran sungai
3. lokasinya terpencil, penduduknya terikat adat, hubungan individu sangat erat
4. kantor pemerintahan, komersial, industri, permukiman dan transportasi
5. fragmented
6. suburban
7. banyak pusat bisnis, kantor, jalur transportasi terhubung satu sama lain ke titik-titik strategis
8. hinterland
9. suburban fringe
10.  Sektoral

C. Esai
1. Desa secara fisik didominasi oleh lahan pertanian, udara segar, jauh dari keramaian. Kota secara fisik didominasi oleh gedung-gedung tinggi, jalur transportasi, kepadatan kendaraan dan pemukiman. Desa secara sosial memiliki kekerabatan tinggi dan adat istiadat masih kental sementara kota secara sosial tidak terikat adat, kekerabatna rendah dan materialistis.

2. Karena kota dan desa saling melengkapi satu sama lain. Desa adalah penyokong kota dalam hal bahan mentah, pangan dan tenaga kerja sementara kota memasok kebutuhan barang jadi bagi desa seperti traktor, mesin penggilingan, barang elektronik hingga transportasi.

3. Urban sprawl muncul karena semakin tingginya laju urbanisasi sehingga lahan di kota semakin menipis. Oleh sebab itu perkembangan kota mulai mendesak dan menjalar ke wilayah pinggiran sampai ke desa.

4. Untuk bahan evaluasi dan menentukan rencana pengembangan tata ruang yang tepat sehingga tidak terjadi kesalahan pembangunan yang mengakibatkan permasalahan di masa depan.

5. Akan terjadi degradasi kota dan muncul fenomena urban sprawl atau pemekaran kota ke daerah pinggiran. Daerah pinggiran akan disulap menjadi wilayah pemukiman para kaum urban sehingga lambat laun akan menjadi padat seperti kota.

Baca juga: Contoh soal ulangan interaksi desa kota