Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kebutuhan Manusia

Dalam kehidupan sehari-hari kalian tentu sering beli barang keburuhan sehari-hari seperti pulsa, makanan, minuman, alat dapur dan lainnya.

Jika dilihat elbih jauh nih ternyata setiap manusia punya kebutuhan yang berbeda satu sama lain. Seorang arsitek tentu memiliki kebutuhan yang berbeda dengan seorang pemahat.

Arsitek akan lebih membutuhkan perangkat seperti meja, pena, penggaris sementara seorang pemahat akan lebih membutuhkan kayu, alat pahat, gergaji dan lainnya.

Ada beberapa hal yang menyebabkan perbedaan kebutuhan seorang individu. Perbedaan kebutuhan manusia dipengaruhi kondisi lingkungan, agama, adat istiadat dan peradaban.

1. Lingkungan
Manusia yang hidup di lingkungan beriklim dingin tentu akan berbeda dengan manusia yang hidup di iklim panas. Orang yang bermukim di daerah dingin akan menggunakan pakaian tebal dan makanan yang berkalori tinggi supaya badan mereka tetap hangat.

Sementara orang yang tinggal di daerah beriklim panas akan cenderung menggunakan pakaian tipis dan menghindari makanan berkalori tinggi.

2. Agama
Masyarakat beragama Islam tentu membutuhkan Al Qra, sajadah, mukena, tasbih untuk beribadah sementara agama Kristen membuthkan alkitab, salib atau kebutuhan lain sesuai yang diperintahkan agamanya.
Upacara ngaben di Bali
3. Adat Istiadat
Dalam suatu daerah pastinya punya adat istiadat berbeda. Hal ini berdampak pada perbedaan kebutuhan dan pola hidup seseorang. Contohnya di Bali masyarakatnya punya adat upacara Ngaben yang membutuhkan berbagai keperluan upacara pembakaran mayat. Sementara di masyarakat Toraja misalnya kebutuhan pemakaman utama adalah hewan kerbau dan mumifikasi.

4. Peradaban
Perubahan kehidupan manusia kini semakin cepat dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jaman dahulu orang tua kita tentu kebutuhannya sangat sederhana karena belum ada alat-alat digital, sementara kita saat ini sudah disuguhi berbagai macam alat-alat komunikasi mulai dari handphone, kuota internet, printer dan lainnya.

Gambar: Boombastis