Geografi Eurasia, Gabungan Asia dan Eropa - Gurugeografi.id

Geografi Eurasia, Gabungan Asia dan Eropa

- May 26, 2018

Baca Juga

Coba perhatikan di peta, Indonesia masuk benua mana?. Tentu saja Asia. Tapi apakah kamu tahu bahwa benua Asia adalah benua yang bersatu dengan Eropa sehingga dinamakan Eurasia. Benua-benua lain seperti Afrika, Australia dan Antartika adalah benua yang terpisah namun Asia - Eropa dan Amerika Utara- Selatan adalah satu jaringan.

Hampir semua daratan Eurasia berada di Lempeng Eurasia, yaitu salah satu lempeng tektonik raksasa yang menutupi planet kita. Tidak ada batas geologi yang menunjukkan batas antara Eropa dan Asia sehingga jika digabung maka menjadi Eurasia. Bagian Rusia timur berada di lempeng Amerika Utara, India terletak di lempeng India dan Semenanjung Arab lempeng Arab.
Geografi Eurasia, Gabungan Asia dan Eropa
Benua Eurasia
Geografi Fisik Eurasia
Pegunungan Ural telah lama menjadi garis pemisah tidak resmi antara Eropa dan Asia. Pegunungan sepanjang 1500 mil ini hampir tidak menajdi penghalang secara geologis ataupu geografis. Puncak tertinggi Ural ada di angka 1.895 m dan jauh lebih pendek dari puncak Alpen di Eropa atau Kaukakus di Rusia Selatan. Ural telah berfungsi sebagai penanda batas Eropa dan Asia selama beberapa generasi. Ural juga tidak meluas jauh ke selatan namun berhenti jauh dari Laut Kaspia. Pegunungan Ural bukanlah garis pemisah yang jelas antara Eropa dan Asia namun sejarah telah menentukan hal tersebut.

Eurasia membentang dari Samudera Atlantik dengan negara-negara yang berbatasan dengan Portugal dan Spanyol di barat sampai ke titik paling timur Rusia di Selat BEring antara Samudera Arktik dan Pasifik. Perbatasan utara Eurasia adalah Rusia, Finlandia dan Norwegia yang berbatasan dengan Samudera Arktik di utara. Batas selatan adalah Laut Tengah, Afrika dan Samudera Hindia.  Negara-negara yang berbatasan di sealtan Eurasia adalah Spanyol, Yaman, India hingga Malaysia. Eurasia juga mencakup negara-negara kepulauan seperti Sisilia, Kreta, Sri Lanka, Jepang, Filipina dan Sebagian Indonesia.

Jumlah Negara
Pada tahun 2012 ada 93 negara independen di benua Eurasia termasuk 48 di Eropa, 17 di Timur-Tengah, 27 di Asia dan satu negara baru yaitu Timor Timur. Dengan begitu hampir setengah dari 196 negara merdeka di dunia berada di Eurasia.

Populasi Eurasia
Pada tahun 2012, populasi Eurasia hampir mencapai 5 milyar atau 71% dari populasi planet.  Ini mencakup sekitar 4,2 milyar di Asia dan 740 juta penduduk Eropa. Sisa populasi dunia hidup di Afrika, Amerika Utara, Selatan dan Oceania.

Kota-Kota Besar
Ada banyak kota-kota besar yang menjadi role model di Eurasia namun beberapa ibukota jauh lebih kuat dibandingkan kota-kota lainnya. Kota-kota tersebut adalah Beijing, Moskow, London dan Brussel. Beijing adalah kota terpadat di Eurasia, Cina dengan keunggulannya di panggung ekonomi dan politik dunia. Cina memiliki kekuatan besar di Asia dan Lingkar Pasifik. Moskow adalah ibu kota tua paling timur di Eropa dan menjadi identitas Rusia sebagai kekuatan politik bok timur. Moskow mempertahankan pengaruh signifikan atas 14 bekas Uni Soviet. London sebagai ibukota Inggris merupakan kota yang tidak bisa diremehkan karena sejarah panjangnya sebagai bagian dari negara dengan koloni terbanyak di dunia. Sementara Brussel menjadi ibukota Uni Eropa yang merupakan wadah 27 negara anggota yang memegang kekuasaan besar di seluruh Eurasia.

Gambar: disini

2 komentar

avatar

Gan, luas benua eurasia berapa ya, apa luasnya itu adalah gabungan dari luas asia dan eropa

avatar

kira-kira segini 54.76 million km persegi

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search