Cara Menyusun Rencana Pengembangan Sekolah

- June 01, 2018

Baca Juga

Pengembangan sekolah direncanakan secara terpadu dan berjenjang melalui tahapan. Pengembangan sekolah wajib dilakukan agar sekolah tidak menjadi sekolah "madesu" alias masa depan suram. Setiap leader, guru, siswa, orang tua dan komponen sekolah lain harus dilibatkan dalam usaha pengembangan sekolah. Rencana pengembangan sekolah sangat penting karena dijadikan landasan kerja seluruh staf sehingga harus disusun dengan baik.
Cara Menyusun Rencana Pengembangan Sekolah
Pengembangan sekolah wajib dilakukan
Apakah kepala sekolah harus menyusun sendiri rencana pengembangan sekolahnya?
Tidak mungkin, dia harus melibatkan berbagai orang atau bagian-bagian unit sekolah. Harus ada tim penyusun program sekolah yang secara teknis bertugas menyusun program sekolah. Harus ada kolaborasi antar unit dan tidak bisa berjalan sendiri.

Siapa saja yang menjadi anggota tim pengembangan sekolah?
Idealnya tiap unsur harus terwakili dalam tim. Namun jika tidak mungkin paling tidak ada unsur guru, staf administrasi, wakil orang tua dan bahkan jika mungkin wakil siswa. Anggota tim sebaiknya dipilih yang memiliki a) wawasan kependidikan yang mumpuni dan b) memiliki minta dalam kegiatan perencanaan. Jumlah tim tidak perlu banyak agar efisien dan cari data sebanyak mungkin sebagai landasan pengembangan kebijakan.

Jenis perencanaan apa yang harus dimiliki sekolah?
Idealnya sekolah wajib punya rencana jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Rencana jangka panjang sekolah bersifat umum dan hanya menyebutkan arah pengembangan atau visi misalnya dalam waktu 8 tahun pengembangan sekolah diarahkan untuk meningkatkan mutu lulusan ditandai dengan naiknya rata-rata nilai UN dan diprolehnya prestasi tingkat nasional seperti OSN dan lomba lainnya.

Rencana sekolah jangka menengah sudah harus lebih operasional dengan menyebut target. Contohnya nilal UN harus naik dari 60 menjadi 70 disertai penjabaran garis besar program misalnya program pengayaan dan studi banding.

Rencana jangka pendek harus sangat rini dengan tahapan kegaitannya dan dapat dibuat dalam bentuk jadwal atau rencana mingguan hingga bulanan yang terstruktur dan dapat dilihat jelas oleh semua stakeholder. Kepala sekolah yang baik wajib memiliki rencana pengembangan sekolah jika ingin sekolahnya maju. Jika kepala sekolah tidak punya ide untuk menyusun rencana pengembangan sekolah maka sudah pasti ia kepala sekolah abal-abal yang tidak peduli dan harus segera dilengserkan. Kepala sekolah adalah manajer maka ia harus punay visi misi jelas dalam hidupnya, jangan sampai hanya mementingkan kepentingan pribadi.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search