Pengaruh Letak Geografis Indonesia Bagi Kehidupan

- July 25, 2018
Letak geografis adalah letak atau posisi suatu wilayah berdasarkan posisinya terhadap wilayah yang lain. Indonesia terletak di antara dua benua yaitu Asia dan Australia. Selain itu Indonesia berada diantara dua samudera besar yaitu Hindia dan Pasifik. Memang ada dampaknya ya bagi kehidupan?. Ada dong, posisi Indonesia tadi mempengaruhi terhadap berbagai hal bagi dari sisi cuaca, ekonomi, budaya dan politik. Letak geografis Indonesia mempengaruhi proses terjadinya musim penghujan dan kemarau di seluruh wilayah Indonesia.

Saat angin muson barat, angin berhembus dari daratan Asia yang banyak membawa uap air sehingga saat tiba di Indonesia, musim penghujan dimulai di bagian barat. Sementara itu saat angin muson timur, angin berhembus dari Australia yang bersifat kering dan dingin. Makanya uap air sedikit sehingga musim kemarau dimulai di mayoritas pulau Indonesia. Fenomena cuaca dingin sampai es muncul di Dieng saat bulan Juli pun akaibat pengaruh cuaca dingin di Australia. Jadi jadwal kehadiran es di Dieng adalah sekitar bulan Juli.
 
Pengaruh Letak Geografis Indonesia Bagi Kehidupan
Pola angin muson Indonesia
Letak geografis juga membuat Indonesia ada pada posisi silang lalu lintas perdagangan dan pelayaran dunia. Sejak dahulu banyak para pelaut yang singgah di Malaka lalu melanjutkan perjalanan ke Indonesia untuk berdagang. Posisi silang ini tergolong strategis secara ekonomi jika dikelola maksimal. Indonesia bisa jadi pintu gerbang perekonomian ASEAN dan Pasifik sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran masyarakat.

Secara sosial budaya, letak georgafis Indonesia memungkinkan masuknya beragam pengaruh sosial budaya dari luar yang memicu pertumbuhan keanekaragaman budaya Indonesia. Kini sudah ada ribuan bahasa dan ratusan suku bangsa bermukim di penjuru Indonesia dengan ciri fisik dan budaya yang bermacam-macam.

Secara politik, letak geografis Indonesia juga mempengaruhi tatanan konsep geopolitik kita. dalam kerangka Wawasan Nusantara. NKRI adalah negara kepulauan yang DISATUKAN oleh laut-laut sempit. Laut bukanlah pemisah namun pemersatu pulau dan bangsa Indonesia. Indonesia sebagai negara maritim yang pernah jaya dahulu, kini tengah kembali membangun jatidiri sebagai pusat peradaban dunia. 

Gambar: disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search