Download Contoh Kegiatan Pembuka dan Penutup Pembelajaran - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, Agustus 17

Download Contoh Kegiatan Pembuka dan Penutup Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran di kelas terbagi ke dalam tiga bagian utama yaitu pembuka, inti dan penutup. Kali ini saya akan membagikan contoh kumpulan kegiatan pembuka dan penutup pembelajaran di kelas. 

Kegiatan pembuka pelajaran sangat penting di kelas karena jangan sampai kita membuat anak tidak mood belajar. Ingat pepatah "kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda", jika kegiatan pembuka kelas berhasil maka kelar sudah hidup lo.

Di awal pembuka kelas ini biasanya kita melakukan kegiatan seperti menyapa, doa, motivasi dan appersepsi. Buatlah desain awal pembuka kelas yang baik dan cetar membahana. 

Jangan sampai masuk kelas lalu langsung ngasih materi atau tugas. Buatlah anak-anak rileks dulu, cari icebreaking atau sedikit humor dan cerita tentang kejadian terkini atau apalah. Beri mereka teka-teki untuk memanaskan otak terlebih dahulu, cari di google banyak.

Kegiatan penutup kelas adalah kegiatan akhir sebuah pembelajaran. Disini guru harus membuat closing statement yang menarik juga dan berkesan tentunya. Di bagian akhir ini guru dan siswa melakukan elaborasi bersama. 

Usahakan untuk cek siswa satu persatu tentang pemahaman materi pelajaran, bisa secara random. Download kumpulan contoh kegiatan pembuka dan penutup pembelajaran di bawah ini.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close