Contoh 5 Danau Tektonik di Indonesia - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, September 15

Contoh 5 Danau Tektonik di Indonesia

Danau atau lake merupakan sebuah fenomena cekungan di permukaan bumi yang terisi oleh air. 

Menurut genesa terbentuknya danau dibagi menjadi danau tektonik, danau vulkanik, danau tektovulkanik, danau karst, danau gletser dan danau buatan. 

Kali ini kita akan belajar dulu tentang danau tektonik khususnya yang ada di Indonesia.

Danau tektonik adalah danau yang dibentuk karena proses tektonisme. Gaya endogen membuat rekahan-rekahan di permukaan bumi hingga menghasilkan cekungan.

Cekungan ini nantinya lambat laun terisi air dan membentuk danau. Contoh danau tektonik di Indonesia adalah Danau Poso, Danau Singkarak, Danau Tempe, Danau Takengon dan Danau Towuti.
Contoh 5 Danau Tektonik di Indonesia
Pesona Danau Takengon di Aceh Tengah

1. Danau Poso
Danau Poso merupakan danau ketiga terbesar di Indonesia dengan panjang 32 km dan lebar 16 km dan totoal kelilingnya mencapai 127 km. Danau Poso berlokasi di Poso Sulawesi Tengah dan punya panorama pasir putih di tepiannya.

Danau ini berada di pedalaman Sulawesi dengan kedalaman rata-rata 195 m. Danau Poso berada pada ketinggian 657 mdpl dan luasnya 32.000 Ha. Danau Poso menjadi salah satu objek wisata andalah di Sulawesi. Lokasi danau cek disini

2. Danau Singkarak
Danau Singkarak berlokasi di Sumatera Barat dan berada diantara Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Danau eksotik ini berada pada ketinggian 363 mdpl dengan luas 11.200 Ha dan panjang maksimal 20 km dan lebar 6,5 km. 

Kedalaman danau ini mencapai 263 m. Sumber air danau ini berasal dari Sungai Batang Sumani dan Batang Sumpu lalu mengalir ke Batang Ombilin. Lokasi danau cek disini

3. Danau Towuti
Danau Towuti berlokasi di Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan dan masuk dalam kategori danau purba dengan umur jutaan tahun. Dauan Towuti terbentuk karena patahan tektonik di masa Pleosen. 

Danau Towuti adalah danau kedua terbesar setelah Toba dan menjadi salah satu kebanggaan Indonesia. Lokasi danau cek disini

4. Danau Tempe
Danau Tempe berlokasi di Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan dan memiliki luas 13.000 Ha. Ada sekitar 28 anak sungai yang masuk ke Danau Tempe sementara aliran keluar adalah menuju Sungai  Walanae. 

Danau Tempe juga masuk kategori danau purba besar di Sulawesi. Danau Tempe terbentuk dari proses geologi yang seumuran dengan daratan Sulawesi Selatan. Lokasi danau cek disini

5. Danau Takengon
Danau Takengon atau Danau Laut Tawar terletak di Dataran Tinggi Gayo Aceh Tengah dan punya luas 5.472 Ha dengan panjang 17 km dan lebar 3,2 km. 

Danau ini terbentuk di tengah zona sesar Semangko dan punya panorama alam yang menawan. Kedalaman danau ini mencapai 50 m lebih. Lokasi danau cek disini

Gambar: disini

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close