Contoh Kriteria Ketuntasan Minimal Geografi Kelas X, XI Kurikulum 2013 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, September 7

Contoh Kriteria Ketuntasan Minimal Geografi Kelas X, XI Kurikulum 2013

Kriteria  ketuntasan  minimal  (KKM)  adalah kriteria  ketuntasan  belajar  (KKB)  yang ditentukan  oleh  satuan  pendidikan  (Peraturan  Menteri  Pendidikan  Nasional  Nomor  20 Tahun 2007 Lampiran butir A.10). 

Setiap guru pasti wajib menyusun KKM di awal tahun ajaran baru dan acuan kriteria tidak diubah serta merta karena hasil empirik penilaian. Artinya KKM tidak bisa diubah pada tengah semester.

Nilai ketuntasan belajar KKM untuk aspek kompetensi pengetahuan dan praktik dinyatakan dalam bilangan bulat dari rentang 0-100. Penetapan KKM ini merupakan keputusan mutlak guru mapel dan berfungsi sebagai berikut:
Contoh Kriteria Ketuntasan Minimal Geografi Kelas X, XI Kurikulum 2013
Contoh KKM Geografi
1. Guru dapat menilai capaian kompetensi peserta didik sesuai kompetensi dasar mapel yag diikuti.
2. Peserta didik dapat menyiapkan diri mengikuti penilaian pembelajaran.

Ada 3 indikator yang digunakan untuk menentukan KKM yaitu kompleksitas, daya dukung dan intake. Tingkat kompleksitas adalah tingkat kesulitan setiap indikator, KD dan SK yang harus dicapai peserta didik. Semakin tinggi kompleksitas materi maka angka kompleksitasnya di KKM makin sedikit.

Pengertian Daya dukung KKM adalah segala sumber daya dan potensi yang dapat mendukung penyelenggaraan kegiatna belajar. Daya dukung ini bisa alat-alat, media, kompetensi guru dll. Sementara itu pengertian intake peserta didik adalah kompetensi awal yang anak miliki sebelum ia memulai belajar. Misal nih di awal semester 1, siswa kan baru masuk kelas 10 maka tentu intake ia masih rendah karena belum tahu menahu tentang Konsep Geografi. Kalau sudah berjalan 1 semester intake akan meningkat.

Contoh KKM Geografi Kurikulum 2013 bisa didownload pada link berikut ini
Link download KKM Kelas 10
Link download KKM Kelas 11

Share with your friends

1 komentar

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close