Download Prota, Prosem Geografi SMA Kurikulum 2013 Otomatis

- September 07, 2018

Baca Juga

Halo teman-teman, kali ini saya akan coba bagikan
contoh program tahunan dan program semester mapel geografi SMA Kurikulum 2013. Prota dan prosem merupakan dua instrumen yang wajib ada di buku guru. 

1. Program Tahunan
Di awal tahun ajaran baru nih, guru wajib terlebih dulu menelaah Permendikbud No 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Dasar mapel dan menyusun kalender akademik. Setelah itu lanjut untuk menyusun Prota dan Prosem. Prota adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun pelajaran untuk mencapi suatu Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar yang ada  di dalam Kurikulum. Jadi di dalam prota jumlah jam tatap muka dalam satu tahun akan terlihat dengan pasti.

Langkah-Langkah Penyusunan Prota
1. Menelaah kalender akademik propinsi
2. Menelaah jumlah kompetensi dasar mapel bersangkutan
3. Menandai hari-hari libur, awal mula masuk tahun ajar dan minggu efektif
4. Menghitung jumlah minggu efektif belajar dalam satu tahun (biasanya beda-beda tiap sekolah karena disesuaikan dengan kegiatan masing-masing)
5. Mendistribusikan alokasi waktu minggu belajar efektif ke dalam KD dan Materi Belajar

2. Program Semester
Program semester adalah penjabaran dari Prota sehingga program tersebut tidak bisa disusun sebelum adanya Prota. Promes berisi garis besar kegiatan yang akan dilakukan pada semester itu. Jadi Promes akan memperlihatkan lebih detail rencana waktu pembelajaran KD atau materi tertentu dari awal semester hingga akhir semester. 

Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan setelah menganalisis jumlah minggu efektif, jumlah KD, tingkat kedalaman dan kesulitan tiap KD, ketersediaan sarana prasarana, sehiga dapat menentukan alokasi waktu untuk setiap KD.

Di bawah ini adalah contoh format Prota dan Prosem Geografi SMA Kelas 10, 11 Kurikulum 2013 yang saya buat.

Link Download Prota Prosem Kelas X
Link Download Prota Prosem Kelas XI

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search