Contoh Simbol Titik, Garis, Area Peta Geografi - Gurugeografi.id

Contoh Simbol Titik, Garis, Area Peta Geografi

- September 18, 2018

Baca Juga

Hai teman-teman sekalian kali ini saya kan bahas lagi mengenai simbol peta. Setiap peta pasti dibuat dengan menyisipkan simbol-simbol peta di dalamnya. Simbol peta adalah sebuah gambar yang mewakili objek sebenarnya di lapangan. Dengan begitu para pembaca peta akan mudah mengenali objek pada peta dengan melihat simbol pada peta dan mencocokannya di legenda.

Ada beberapa jenis simbol peta yang digunakan dalam pembuatan peta. Menurut bentuk atau dimensinya ada tiga kategori simbol peta yaitu simbol titik, simbol garis dan simbol area. Simbol ini biasa umum dijumpai pada peta yang diedarkan di pasaran.
Contoh Simbol Titik, Garis, Area Peta Geografi
Simbol titik, garis dan area

1. Simbol Titik
Simbol titik adalah simbol yang biasa digunakan untuk mewakili suatu lokasi atau tempat. Bentuk simbol ini kadang titik, bulat, persegi panjang atau bentuk lain. Contoh penggunaan simbol titik adalah untuk gunung api, sekolah, kecamatan, pemukiman, ibukota negara, ibukota propinsi.

2. Simbol Garis
Simbol garis biasanya digunakan untuk menunjukkan fenomena yang berbentuk garis seperti sugnai, jalna, rel kereta, batas propinsi, pipa PDAM, jaringan listrik dll. Pengembangan lain dari simbol garis adalah simbol aliran yang menandakan adanya suatu pergerakan. Contohnya digunakan untuk menunjukkan arah migrasi, rute pesawat terbang, kapal laut dan ekspor-impor.

3. Simbol Area
Simbol area berbentuk fitur poligon yang menunjukkan suatu fitur kenampakan yang luas dan memiliki batas. Contoh simbol area adalah untuk danau, rawa, perkebunan, sawah, kolam renang dll.

Selain simbol diatas, ada lagi tipe simbol pada peta yaitu simbol piktorial. Simbol piktorial adalah simbol sederhana yang mudah dikenali dan biasa dipakai untuk anak-anak.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search


Iklan Melayang