Contoh Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Geografi Memahami Peta

Oke teman-teman kali ini saya akan berikan contoh soal AKM geografi dan pembahasannya. Pemerintah saat ini akan mengganti UNBK menjadi AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum.

Apa bedanya UNBK dan AKM?. Soal AKM lebih menekankan pada pemahaman literasi dan membaca data. Jadi terlihat soalnya sangat panjang, atau banyak disediakan data.

Siswa diminta mendeteksi jawaban yang tepat dengan melihat data tersebut, jadi jika malas membaca maka akan sulit. Kuncinya hanya satu, yaitu mau membaca data. Simak contoh soal AKM Geografi berikut.
 

1. Gambar berikut menunjukkan salah satu negara di Afrika. Simak data yang tersedia dan jawablah pertanyaannya.
Soal AKM Geografi
Pertanyaan 1
1. Wilayah Mali bagian mana yang memiliki populasi paling rendah?
2. Deskripsikan dua fitur geografis wilayah dimana populasinya lebih dari 10 jiwa per km persegi!
3. Jelaskan mengapa populasi Mali tidak tersebar merata!

Kunci Jawaban
Pertanyaan 1
Untuk menjawab soal ini, kamu harus melihat legenda peta di kiri bawah. Populasi paling rendah berwarna putih abu-abu (halus) fewer than 1. Lalu lihat garis astronomis di peta, wilayah yang berwarna terang ada di kisaran lintang 20 derajat LU keatas. Jadi wilayah dengan populasi paling rendah di Mali berada di sekitar 20 derajat LU ke atas, yang curah hujannya (lihat garis isohyet) 100 mm per tahun (paling sedikit)

Pertanyaan 2
Untuk menjawab soal ini, kamu lihat peta dan lihat legenda dan simbol-simbol pada peta. Daerah paling padat adalah yang berwarna hitam. Fitur geografis apa saja yang terdapat pada wilayah berwarna hitam?. Wilayah padat ini terdapat bandara dan sungai Niger. Bandara adalah pusat pintu masuk manusia sementara sungai adalah salah satu wilayah yang banyak dihuni penduduk karena akses air yang melimpah dan transportasi. Baca juga: Soal hots biosfer

Pertanyaan 3
Untuk menjawab soal ini kalian harus paham lokasi negara tersebut. Penduduk di Mali tidak merata karena faktor kenampakan geografis yang beragam. Lihat peta inset, wilayah Mali utara adalah gurun Sahara sementara di selatan adalah bertipe hutan tropik. Jadi pastinya wilayah gurun akan minim populasi dibanding wilayah hutan atau yang dilalui sungai. Cek peta geografisnya di bawah ini.
Peta Geografis Mali
Bagaimana tertantang untuk menjawab soal-soal AKM Geografi?. Gak susah kan?. Follow blog ini untuk mendapatkan update soal-soal AKM geografi lainnya.
 
Jangan sungkan untuk share postingan dan blog ini ke rekan-rekan guru, grup siswa dan kerabat lainnya. Salam
 
Disadur dari Cambridge Geography