Contoh Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Geografi dan Jawabannya

UNBK alias ujian nasional kini udah gak ada lagi, tapi jangan senang dulu karena kini akan datang AKM alias Asesmen Kompetensi Minimum.
 
Soal AKM ini memerlukan konsentrasi lebih tinggi dibandingkan UNBK, hayo nyesel gak UN diganti AKM?. 

Jangan panik dulu ya, tujuan AKM ini adalah untuk meningkatkan literasi bangsa kita yang KO sehingga mudah terjerumus hoax salah satunya.

Untuk menjawab soal AKM Geografi, kalian harus bisa membaca data, menganalisa lalu menyimpulkan jawaban dari hasil telaah data tersebut. Jadi kuncinya dalah membaca data yang tampil pada soal.
 
Kita lihat contoh soal AKM Geografi berikut ini.
Soal AKM

Hasil sensus penduduk Tiongkok tahun 2010 menunjukkan jumlah populasi penduduk negara tersebut 1,34 milyar jiwa dan jumlah penduduk berusia 60 tahun ke atas meningkat pesat. Jumlah penduduk yang berusia lanjut kini mencapai 13,3% atau naik 3% sejak tahun 2000. Selain itu, sensus menunjukkan hampir separuh penduduk Tiongkok kini tinggal di perkotaan. Meski hasil sensus menunjukkan angka penduduk yang luar biasa besar namun pertumbuhan penduduk Tiongkok kini lebih lambat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Pertanyaan 1
Berdasarkan piramida diatas, pada kelompok umur manakah Tiongkok memiliki jumlah penduduk terbesar pada tahun 2010?
a. 20-24 tahun
b. 35-39 tahun
c. 40-44 tahun
d. 45-49 tahun

Kunci
Untuk menjawab soal ini tinggal lihat grafik batang di piramida penduduk yang tahun 2010 (kiri). Kelompok umur paling banyak adalah 20-24 tahun. Pelajari cara membaca diagram batang, jika kalian belum paham.

Pertanyaan 2
Dari pertumbuhan jumlah penduduk laki-laki tahun 2010-2050, pada kisaran usia berapakah jumlah penduduk mengalami kenaikan?

Kunci
Lihat perbandingan grafik batangnya, lihat kolom usia di tengah diagram. Kenaikan berada di usia 60 ke atas (sampai 94 tahun).

Pertanyaan 3
Pernyataan 1 (Benar atau Salah)
Populasi penduduk laki-laki dan perempuan pada tahun 2010-2050 memiliki kecenderungan tetap pada usia kurang dari 25 tahun. 

>>>Jawabannya Salah, kecenderungan turun

Pernyataan 2 (Benar atau Salah)
Antara tahun 2010-2050 pertumbuhan penduduk laki-laki usia 40-44 tahun mengalami penurunan lebih dari 20 juta.

>>>Jawabannya Benar, lihat statistik batangnya..cocokan dengan angka populasi di bagian bawah. Bisa dikira-kira menghitung penurunannya dari perubahan panjang grafik batang.

Gimana, soal AKM ini terkesan mudah hanya membaca sebuah data atua informasi lalu menyimpulkan suatu fenomena. Tidak ada hitung-hitungan matematika, hanya menelaah dengan benar, jitu saja. Selamat berlatih agar terbiasa mengerjakannya.