Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Geografi Dinamika Litosfer

Oke teman-teman masih seputar soal AKM nih yang masih hangat diperbincangkan oleh guru dan siswa. Kali ini kita akan coba berikan contoh soal AKM bab dinamika litosfer.

Membuat soal AKM ini memang cukup sulit jika tidak berlatih berulang-ulang. Prinsip dasar soal AKM adalah siswa diminta untuk membaca terlebih dahulu, entah itu paragraf, data, statistik atau gambar lainnya.

Selepas itu siswa akan diminta membuat kesimpulan dari hasil telaah bacaan tersebut. Yuk simak contoh soalnya di bawah ini. Soal AKM di bawah ini bertipe isian/esai, jadi bukan pilihan ganda.

Untuk menjawab soal ini diperlukan kemampuan literasi yang baik ditambah wawasan siswa tentang fenomena litosfer khususnya gempa di dunia.

1. Di bawah ini terdapat informasi tentang fenomena gempa di dunia satu dasawarsa terakhir. Bacalah terlebih dahulu informasi berikut, kemudian jawab pertanyaannya!.
Gempa merusak bangunan
 
Gempa bumi bermagnitudo 7,9 melanda Nepal, sekitar 80 kilometer barat laut ibu kota negara Kathmandu dan menewaskan ratusan orang.  Titik pusat gempa (hiposentrum) berada pada kedalaman 15 kilometer. Ada 13 gempa susulan, dengan magnitudo mulai dari 4,6 hingga 6,6 Skala Richter, yang menewaskan lebih banyak orang. 
 
Gempa bumi bermagnitudo 5,5 melanda Kabupaten Jianhe, provinsi Guizhou, di selatan Tiongkok. Titik pusat gempa (hiposentrum) berada pada kedalaman 14,6 kilometer. Gempa ini menyebabkan empat orang terluka dan 3000 bangunan rusak. 
 
Gempa bumi berkekuatan 5,1 magnitudo mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah Indonesia. Kedalaman gempa terletak 10 km dan disebabkan pergerakan sesar Palukoro. Gempa ini menyebabkan fenomena likuifaksi. Lebih dari 2.000 jiwa meninggal dunia dan ribuan rumah rusak berat.
 
Pertanyaan 1
Berdasarkan informasi diatas, sebutkan 3 faktor mengapa beberapa gempa bumi menyebabkan banyak kematian dan kerusakan daripada gempa bumi lainnya!
1.............................................
2.............................................
3............................................. 

Pertanyaan 2
Mengapa gempa bumi dengan intensitas kekuatan yang sama menyebabkan banyak korban di negara berkembang dibandingkan negara maju?
..........................................................................................................................
 
Pertanyaan 3
Mengapa penduduk tetap tinggal di daerah yang sebelumnya terjadi gempa bumi!
..........................................................................................................................

Kunci Jawaban
Pertanyaan 1
Untuk menjawab soal ini, kita harus tahu maksud soalnya dulu ya. Jadi ada 3 gempa digambarkan dalam paragraf, lalu kenapa dari sekian gempa (3 gempa dalam contoh paragraf) bisa menimbulkan banyak korban?. Faktor kerusakan akibat gempa adalah 1. Kekuatan gempa 2. Kepadatan penduduk 3. Kondisi Tanah

Semakin besar kekuatan gempa maka potensi kerusakan semakin tinggi sehingga korban jiwa juga akan semakin bertambah. Daerah dengan kepadatan penduduk tinggi berpotensi menyebabkan tingginya kerusakan dan korban jiwa dibandingakan daerah yang jarang penduduknya. Kondisi tanah yang bertipe tanah lunak seperti sedimen bisa memicu likuifaksi atau pencairan tanah sehingga bangunan akan cepat rubuh.

Pertanyaan 2
Karena mitigasi bencana gempa di negara maju lebih baik dibandingkan negara berkembang. Bangunan-bangunan di negara maju misalnya sudah dilengkapi sarana evakuasi yang tepat, selain itu material konstruksinya lebih bagus. Pengetahuan masyarakat terkait gempa juga sudah sangat baik di negara maju dibandingkan negara berkembang. 
 
Pertanyaan 3
Karena faktor kemudahan mencari penghidupan. Penduduk lebih memilih tetap tinggal di daerah gempa karena beradaptasi di daerah baru misalnya lebih sulit dibandingkan tinggal di daerah yang sudah lama. Gempa besar juga tidak selalu sering terjadi setiap tahun, jadi pemulihan bisa dilakukan dalam waktu relatif singkat 1-2 tahun.