Kunci Jawaban Evaluasi Bab 1 Geografi Erlangga Kelas XI Indonesia Poros Maritim Dunia - Gurugeografi.id

Kunci Jawaban Evaluasi Bab 1 Geografi Erlangga Kelas XI Indonesia Poros Maritim Dunia

- September 10, 2018

Baca Juga

Oke teman-teman kali ini saya akan coba berikan
kunci jawaban Evaluasi Bab 1 Geografi Erlangga Kelas XI Indonesia Poros Maritim Dunia. Saya akan coba berikan kunci jawaban untuk Bagian I PG dan Esay Bagian II dan III. Kalau ada yang kurang tepat mohon didiskusikan saja di komentar ya, kita belajar sama-sama.
Kunci Jawaban Evaluasi Bab 1 Geografi Erlangga Kelas XI Indonesia Poros Maritim Dunia
Kunci jawaban Evaluasi Geografi Erlangga
PG.
1.C 2.B 3.D 4.C 5.A 6.C 7.D 8.E 9.C 10.A 11.C 12.E 13.B 14.B 15.A 16.C 17.E 18.C 19.A 20.E

Essay
Bagian II
1. Asia dan Australia
2. 200 mil dari pantai terluar
3. Djuanda
4. Mediterania dan Pasifik
5. Hindia dan Pasifik
6. Landas Kontinen
7. Sunda dan Sahul
8. Sumber makanan dan rumah bagi biota-biota laut dangkal
9. Chokes poin
10. Keberlanjutan Hayati (Perkembangbiakan)

Bagian III
1. Indonesia secara astronomis terletak diantara 6 LU dan 11 LS dan 95 BT dan 141 BT. Secara geografis Indonesia ada diantara dua benua yaitu Asia dan Australia dan dua samudera yaitu Pasifik dan Hindia. Secara geologis Indonesia ada di 3 pertemuan lempeng aktif yaitu Eurasia, Pasifik dan Indo Australia.

Indonesia memiliki 17.504 pulau dengan 75% nya adalah wilayah perairan. NKRI Berbatasan dengan negara berikut:
- Utara = Malaysia, Filipina, Palau, Vietnam
- Timur = Papua Nugini, Timor Leste
- Selatan =  Australia
- Barat = Malaysia, Singapura, Thailand

2. Wilayah daratan Indonesia adalah kepulauan dan bervariasi dari sisi topografi. Kondisi topografi Indonesia yang bervariasi berdampak pada kondisi iklim dan kehidupan masyarakatnya. Indonesia dilalui dua busur pegunungan aktif yaitu Mediterania dan Pasifik.

Perairan Indonesia dibagi menjadi perairan darat dan laut. Perairan darat terdiri dari sungai, danau dan air tanah. Sungai terpanjang di Indonesia adalah Kapuas dan danau terluas adalah Danau Toba. Perairan laut Indonesia terdiri dari laut dangkal dan dalam. Perairan laut dangkal terdiri dari Paparan Sahul dan Paparan Sunda, sementara laut dalam diantaranya Laut Banda. 

3. Indonesia sejak jaman dahulu terkenal sebagai bangsa maritim yaitu pada masa Majapahit dan Sriwijaya. Majapahit dan Sriwijaya pernah melakukan ekspansi hingga Thailand dan Cina. Indonesia terkenal sebagai jalur masuk perdagangan dunia sejak dahulu. Kejayaan perdagangan nusantara meredup saat VOC menguasai Indonesia.

Kini Indonesia kembali menggagas TOL LAUT di era Jokowi untuk mengembalikan kejayaan Indonesia sebagai negara maritim. Pelabuhan-pelabuhan mulai dibangun dan direvitalisasi di berbagai wilayah. 

4. Potensi kelautan Indonesia sangat banyak baik dari sisi hayati dan non hayati. Beberapa potensi yang bisa dioptimalkan laut Indonesia adalah untuk:
1. Perikanan 
2. Migas
3. Transporasi
4. Wisata
5. Energi alternatif

5.Posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia adalah gagasan strategis yang diwujudkan untuk menjamin konektivitas antara pulau, pengembangan industri perkapalan, perikanan, perbaikan transportasi laut serta fokus pada keamanan maritim.

2 komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search