Pengertian Kulminasi Matahari dan Dampaknya - Gurugeografi.id

Pengertian Kulminasi Matahari dan Dampaknya

- October 09, 2018

Baca Juga

Halo teman-teman, coba deh kamu perhatikan saat tengah hari yang terik kamu berdiri di lapangan terbuka. Apakah kamu menemukan bayangan tubuhmu?. Jika iya maka tandanya matahari berada di atas kepala namun belum tepat tegak lurus. Nah ada satu waktu dimana matahari mengalami yang namanya kulminasi. 

Kulminasi atau transit/istiwa adalah sebuah fenomena dimana matahari tepat berada pada posisi paling tinggi di langit Saat deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya dinamakan Kulminasi Utama. Pada saat itu matahari tepat berada di atas kepala pengamat ataudisebut titik zenith. Dampak kulminasi matahari ini adalah bayangan benda tegak akan terlihat menghilang, karena bertumpuk dengan benda itu sendiri. Nah karena itulah hari kulminasi utama dikenal juga sebagai hari tanpa bayangan.

Mengapa terjadi kulminasi matahari?
Karena bidang ekuator bumi/bidang rotasi bumi tidak tepat berhimpit dengan bidang ekliptika/revolusi bumi sehingga posisi matahari dan bumi akan terlihat terus berubah sepanjang tahun antara 23,5 LU sampai 23,5 LS. Gerak ini dinamakan gerak semu tahunan matahari. Di tahun 2018 ini matahari akan tepat berada di khatulistiwa pada 20 Maret 2018 pukul 23.15 WIB dan 23 September 2018 pukul 08.54. Adapun tanggal 21 Juni 2018 pukul 17.07 WIB matahari akan tepat berada di titik balik utara dan pada 22 Desember 2018 pukul 05.23 matahari berada di titik balik selatan. Gambar: disini
Pengertian Kulminasi Matahari dan Dampaknya
Tugu khatulistiwa di Pontianak
Kapan terjadi kulminasi matahari?
Dikarenakan Indonesia berada di wilayah ekuator maka kulminasi utama di wilayah Indonesia akan terjadi dua kali lho dalam setahun dan waktunya tidak jauh dari saat matahari berada di khatulistiwa. Khusus untuk kota Pontianak yang posisinya tepat ada di garis ekuator maka kulminasi akan terjadi pada 20 Maret 2018 dan kulminasi utama akan terjadi pada pukul 11.50 WIB dan 23 September 2018 dengan kulminasi utama pada pukul 11.35 WIB.

Di kota-kota lain kuliminasi utama terjadi pada saat deklinasi matahari sama dengan derajat lintang kota tersebut. Secara umum, kulminasi utama di Indonesia terjadi antara 22 Februari di Kupang hingga 8 April di Aceh dan 10 September di Banda Aceh hingga 20 Oktober di Kupang. Kulminasi utama ini berlangsung sangat singkat guys jadi kalau mau coba melihat hari tanpa bayangan maka kamu harus berburu dan menunggu waktu yang tepat. Makanya di Pontianak ada tugu khatulistiwa dimana matahari akan tepat melintasi tugu tersebut pada saat kulminasi. Banyak penduduk yang ramai menunggu fenomena tahunan ini dan menjadi atraksi wisata.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search


Iklan Melayang