Penyebab Cuaca Panas Akhir-Akhir Ini

- October 11, 2018

Baca Juga

Halo teman-teman, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga sehat selalu dan senantiasa produktif. Teman-teman tentu akhir-akhir ini merasakan cuaca panas terik menyengat bukan?. AC di rumah saya juga hidup sehari penuh lho dan membuat bengkak tagihan listrik. Tapi mengapa hari-hari ini cuaca kok begitu panas sekali khususnya di wilayah Jawa?. Fenomena ini normal saja dan sangat berkaitan dengan revolusi matahari atau gerak semu tahunan matahari.

Revolusi adalah perputaran bumi mengelilingi matahari selama 1 tahun. Gerak revolusi ini menyebabkan beberapa fenomena diantaranya pergantian musim, perubahan sudut datang matahari hingga rasi bintang. Di Indonesia gerak revolusi ini tidak begitu berpengaruh pada jenis musim karena berada di ekuator. Di daerah subtropis pergantian musim sangat jelas dari semi, panas, gugur hingga dingin.

September ini, cuaca terik melanda beberapa wilayah Jawa, Bali dan Sumbawa. Fenomena ini alami dan biasa terjadi di bulan-bulan puncak musim kemarau. Musim kemarau di Indonesia dipengaruhi oleh angin muson timur yang membawa udara kering dari Australia.
Penyebab Cuaca Panas Akhir-Akhir Ini
Cuaca beberapa kota besar hari terakhir
Berikut ini kronologi cauca panas yang terjadi beberapa hari ini:
1. Gerak semu tahunan matahari saat ini berada di sekitar khatulistiwa (sekitar tanggal 22-23 September tepat di atas khatulistiwa, sehingga radiasi matahari akan tegak lurus dan sangat optimal. Hal ini ditandai ditandai dengan hasil monitoring suhu udara maksimum berkisar antara 34-37,5 derajat Celcius. Pantesan di aplikasi cuaca menunjukkan suhu Bekasi sekitar 35 derajat minggu ini.

2. Aliran massa udara dingin dan kering bergerak dari Australia menuju Indonesia sebelah selatan terutama di sekitar Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara. Udara kering dan dingin inilah yang membuat kelembaban udara kurang dari 60% di ketinggian 3.000 dan 5.000 m dari permukaan.

Jadi fenomena cuaca panas beberapa hari ini normal saja dan yang penting lagi kita sekarang sudah akan memasuki musim pancaroba dan hujan nantinya. Musim pancaroba adalah musim yang banyak mengundang penyakit karena menurunkan kekebalan tubuh. Sumber: BMKG

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search