Kunci Jawaban Uji Kompetensi Geografi Kelas 10 Bab 1 Buku Grafindo

- October 11, 2018

Baca Juga

Oke teman-teman kali ini saya
akan memberikan contoh kunci jawaban uji kompetensi bab 1 Geografi Buku Grafindo. Kalau yang kurang tepat mohon dikoreksi sambil belajar saja, gak usah hate speech asalkan. Tapi sebelumnya saya akan berikan sedikit ikhtisar materi tentang bab 1 yaitu Konsep Dasar Geografi. Untuk memahami gejala geosfer maka seorang geograf wajib memahami konsep-konsep dasar yang ada pada ilmu geografi. 

Konsep dasar geografi terdiri dari konsep, prinsip, pendekatan dan aspek geografi. Konsep geografi menurut IGI terdiri dari 10 yaitu lokasi, jarak, keterjangkauan, morfologi, pola, interaksi, nilai guna, aglomerasi, diferensiasi dan asosiasi. Prinsip geografi terdiri dari penyebaran, interelasi, deskripsi dan korologi. Pendekatan geografi ada 3 yaitu keruangan, kelingkungan dan kewilayahan. Sementara aspek geografi terdiri dari aspek fisik dan non fisik.
Kunci Jawaban Uji Kompetensi Geografi Kelas 10 Bab 1 Buku Grafindo
Kunci Jawaban Uji Kompetensi Geografi

BAGIAN A
1.D 2.B 3.A 4.B 5.C 6.A 7.C 8.E 9.E 10.B 11.B 12.D 13.D 14.D 15.B 16.C 17.B 18.D 19.A 20.D

BAGIAN B
1. Fisis determinis adalah paham yang menyatakan bahwa kehidupan manusia sepenuhnya dikendalikan alam. Possibilis adalah paham yang menyatakan manusia mampu mengendalikan alam.

2. 
What = Longsor
Where = Di Kabupaten Ponorogo
When = Tahun 2017
Why = Karena musim penghujan dan daerah lereng yang dijadikan lahan pertanian
Who = Penyebabnya dipicu penduduk yang membuka lahan pertanian di bukit yang miring
How = Kronologi longsor dimulai dari hujan deras selama 6 jam yang melanda Ponorogo. Setelah itu pada jam 5 pagi, pergerakan tanah mulai terjadi dan satu desa tersapu oleh longsor dalam waktu 15 menit saja. Sekitar 300 rumah hancur dan lebih dari 50 orang meninggal dunia. Lebih dari 400 kepala keluar mengungsi di balai desa untuk mencegah longsor susulan terjadi.

3. Karena geografi adalah ilmu yang bersifat komperhensif dengan objek materi yang luas yaitu Geosfer. Untuk lebih jelas dalam menjelaskan kejadian sebuah fenomena maka diperlukan ilmiu penunjang yang berkaitan.

4. Perdagangan merupakan kegiatan melibatkan transfer barang/jasa. Kegiatan perdagangan bisa melibatkan beberapa wilayah sehingga menghasilkan kegiatan yang kompleks. Saat ini kita bisa menemukan fenomena Asia Free Trade Associaton. AFTA ini membuat perdagangan antar wilayah Asia semakin mudah dan transfer barang dan jasa antar negara menjadi lebih cepat.

5. Manfaat geografi sangat banyak diantaranya:
- mengasah kecerdasan spasial manusia
- meningkatkan kepekaan terhadap perubahan-perubahan struktur ruang permukaan bumi
- mengasah rasa peduli lingkungan

6. Jasa-jasa Herodotus diataranya:
- membuat peta dunia hasil imajinasi dan perjalanannya di wilayah Laut Tengah.
- Menguraikan definisi bumi serta mendeskrpsikan seluk beluk suatu daerah (topografi) dan penduduknya.

7. Geografi adalah penghargaan budayawi terhadap bumi, konsep regional, pertanian wilayah, lokalisasi, interaksi keruangan, skala wilayah dan konsep tentang perubahan.

8. Konsep Geografi Henry J Warman:
- Konsep wilayah = bagian permukaan bumi yang memiliki karakteristik sendiri sehingga bisa dibedakan dengan wilayah lain.
- Konsep keuntungan = manusia memanfaatkan alam sesuai dengan keuntungan yang dihasilkannya.
- Konsep bumi sebagai bola = bumi merupakan salah satu planet di tata surya.

9. Aspek fisik adalah semua hal yang berkaitan dengan fenomena alami seperti erupsi, tsunami, gempat tektonik. Aspek non fisik adalah semua hal yang berkaitan dengan aktifitas manusia seperti pertanian, perdagangan dan urbanisasi.

10. Kemelekan geografi artinya kemampuan seseorang untuk mengidentifikasi dan mencari solusi segala permasalahan yang ada di permukaan bumi. Kecerdasan spasial yaitu kemampuan seseorang untuk menggambarkan suatu wilayah dalam pikirannya baik yang menyangkut lokasi, posisi, jarak relatif maupun relasi antar wilayah. Penggunaan media geografi, artinya kemampuan dalam menggunakan alat bantu geografi khususnya peta, PJ dan SIG.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search