Kunci Jawaban Evaluasi Bab 4 Geografi Halaman 164 Erlangga - Guru Geografi
News Update
Loading...

Kamis, November 29

Kunci Jawaban Evaluasi Bab 4 Geografi Halaman 164 Erlangga

Selamat pagi teman-teman, kali ini saya akan coba berikan contoh kunci jawaban latihan evaluasi bab 4 tentang dinamika bumi di buku Erlangga halaman 164. 

Materi bab 4 adalah tentang sejarah planet bumi dan perkembangan dinamika kehidupan didalamnya. 

Planet bumi sudah terbentuk 4,6 milyar tahun lalu dari bola panas menjadi planet yang memiliki lapisan batuan dan air yang luas. Perkembangan bumi dikontrol oleh tenaga endogen dan eksogen.

Kedua tenaga ini membuat variasi relief permukaan bumi dari mulai puncak pegunungan hingga dasar lautan paling dalam.
Kunci Jawaban Evaluasi Bab 4 Geografi Halaman 164 Erlangga
Lapisan Bumi


Bagian A
1.C 2.A 3.C 4.C 5.A 6. 7.B 8.A 9.C 10.B 11.C 12.B 13.C 14.B 15.A 16.B 17.A 18.A 19.B 20. C

Bagian B
1. Osilasi
2. Bulan berada diantara Bumi dan Matahari
3. Dactyl
4. Halley
5. 23 jam 57 menit
6. Mantel bumi 
7. Litosfer, Atmosfer, Hidrosfer, Biosfer
8. Wegener
9. Horst
10. Konvergen

Bagian C 
1. Gerhana bulan terjadi bila bayangan bumi menutupi seluruh atau sebagian permukaan bulan. Gerhana matahari terjadi bila bulan berada pada garis sejajar antara matahari dan bumi. 
 
2. Suhu Inti Bumi hampir sama dengan permukaan matahari diperoleh dari hasil penelitian komputer. Estimasi suhu inti bumi ada di angka 5.956 derajat Celcius atau diatas uhu permukaan matahari. Dalam sebuah penelitian percobaan membuktikan sel berlian menekan sampel besi hingga 200 GPa atau 2 juta kali lipat tekanan atmosfer di permukaan bumi. Lalu peneliti memanaskan sampel besi itu dengan laser intensitas tinggi untuk mensimulasikan kondisi di dalam inti bumi dan besi dapat berubah dari padat ke cair. Teknologi X Ray menunjukkan fase tersebut di European Synchrotron Radiation Facility
 
3. Indonesia terletak diantara 3 lempeng aktif dunia yaitu Eurasia, Pasifik dan Indo Australia. Interaksi lempeng ini membuat Indonesia memiliki kerentanan bencana geologi tinggi.
 
4. Gempa dan tsunami Aceh 2004 diawali dari adanya pergerakan lempeng Indo Australia dan Eurasia. Gerakan ini menghasilkan gempa bawah laut dan patahan di batas lempeng sehingga memicu terjadinya tsunami raksasa besar sepanjang sejarah manusia. 
 
5. Pegunungan Bukit Barisan berada pada wilayah batas sesar Semangko yang memanjang dari Aceh sampai Lampung. Sesar Semangko terbentuk karena desakan lempeng Indo Australia dengan Eurasia.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close