po Soal Geografi High Order Thinking Materi Litosfer - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, November 28

Soal Geografi High Order Thinking Materi Litosfer

Halo teman-teman sekalian, kali ini kita akan coba lagi belajar tentang soal hots geografi yang berbasis kurikulum 2013, pembelajaran abad ke 21. 

Materi yang akan coba kita pelajari adalah terkait dinamika litosfer khususnya vulkanisme dan produknya. Langsung saja simak soal di bawah ini:

Baca juga: Bank soal UTBK dinamika pedosfer

1. Indonesia merupakan salah satu negara yang berada di zona ring of fire. Dampaknya adalah banyak gunung api berdiri di negara ini. 

Gunung api ini membentang dari ujung barat hingga timur dengan lebih dari 50 gunung api masuk kategori level A atau aktif dan dipantau terus kegiatannya. Diantara pulau berikut ini di Indonesia, manakah pulau yang tidak memiliki gunung api aktif?
A. Sumatera
B. Ternate
C. Sumba
D. Flores
E. Sumbawa

Soal Geografi High Order Thinking Materi Litosfer
Pulau Sumba

Jawaban yang tepat adalah C.
Indonesia terletak di pertemuan tiga lempeng aktif yaitu Eurasia, Indo Australia dan Pasifik. Pegunungan api banyak terbentuk di zona subduksi yaitu selatan dan utara. Pulau yang memiliki gunung api adalah Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, Sulawesi, Ternate dan Halmahera. 

Sementara pulau yang tidak memiliki gunung api aktif salah satunya adalah pulau Sumba di nusa tenggara. Jadi kamu harus lihat lagi peta Indonesia dan cek setiap nama pulaunya. Jadi tidak semua pulau punya gunung api seperti Kalimantan juga tidak memiliki gunung api aktif. 

Gunung api muncul jika magma bisa masuk menerobos lapisan kerak bumi dan muncul ke permukaan. Jika kerak bumi tebal dan tekanan magma tidak bisa menembusnya maka erupsi dan pembentukkan gunung api tidak terjadi. 

Baca juga: Kunci jawaban UNBK Geografi 2018

Bagikan postingan ini.

Give us your opinion
Buka Komentar
Tutup Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close