Kunci Jawaban UNBK Geografi 2018 Kode A Nomor 1-5 - Gurugeografi.id
Loading...

Kunci Jawaban UNBK Geografi 2018 Kode A Nomor 1-5

- January 06, 2019
Halo teman-teman menyambut awal tahun 2019
ini saya akan coba berikan contoh soal UNBK Geografi 2018 dan pembahasannya. Pola soal dari tahun ke tahun tidak begitu banyak berubah jadi pastikan kamu banyak berlatih mengerjakannya. Jangan lupa like, share blog gurugeografi atau kamu bisa juga subscribe channel youtube dan instagram @gurugeografi.

1. Fenomena geosfer:
1) kebakaran hutan menyebabkan kabut asap
2) terbentuknya stalaktit dan stalagmit di Gua Tabuhan Pacitan
3) kerja sama Indonesia dan ASEAN
4) terjadi abrasi di Pantai Parangtritis
5) kegiatan jual beli di Pasar Tanah Abang
Aspek fisik kajian geografi ada pada angka ....

Jawabannya: 1), 2) dan 4)
Pembahasan: Aspek fisik adalah semua kejadian yang bersifat alamih dan tidak dibangun oleh manusia. Jadi untuk membedakan aspek geografi itu mudah saja. Aspek fisik cari yang semuanya alamiah kalau non fisik cari yang ada kegiatan manusia. Mudah kan.

2. Prioritas pemerintah pusat adalah menggalakan program tol laut dan dilakukan atas filosofi negara kepulauan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemajuan ekonomi di berbagai wilayah Indonesia. Pendekatan yang cocok untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ....

Jawabannya: Kewilayahan/Kompleks Wilayah
Pembahasan: Ada 3 pendekatan geografi kan, keruangan, kelingkungan dan kewilayahan. Dalam soal diatas program tol laut itu kan akan menghubungkan antara daerah/wilayah di Indonesia jadi pastinya pendekatan kewilayahan dong. Jadi wilayah-wilayah di Indonesia akan terkoneksi satu sama lain dengan hadirnya tol laut, gitu maksudnya. Ngerti ora son?

3. Kandungan minyak bumi di wilayah Indonesia tidak merata dan lebih banyak terkonsentrasi di wilayah Indonesia bagian barat sementara wilayah Indonesia bagian timur lebih banyak mengandung bahan mineral. Prinsip geografi yang sesuai dengan fenomena tersebut adalah ....

Jawabannya: Penyebaran/Distribusi
Pembahasan: Dalam paragraf di soal menunjukkan sebaran bahan galian baik di barat dan timur. Ini sudah menunjukkan distribusi alias penyebaran guys. Kalau masih bingung baca berulang-ulang deh.

4. Mayoritas penduduk di daerah utara Jawa bermata pencaharian sebagai nelayan sementara di daerah pegunungan penduduknya bermatapencaharian sebagai petani Konsep geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut adalah ....

Jawabannya: Diferensiasi Area
Pembahasan: Paragraf tadi menjelaskan 2 perbedaan karaker wilayah guys. Di utara jawa yang dominan nelayan penduduknya sementara di pegunungan petani. Ini menandakan perbedaan wilayah ya guys.

5. Dampak yang ditimbulkan dari gerakan lempeng pada gambar di bawah adalah .... Gambar: disini
Kunci Jawaban UNBK Geografi 2018 Kode A Nomor 1-5
Batas lempeng
Jawabannya: Patahan
Pembahasan: Gambar menunjukkan tipe lempeng batas transform atau saling begesek. Pada zona ini sering muncul batas Patahan. Contoh patahan terkenal di Indonesia adalah Sesar Semangko, Sesar Lembang dan Sesar Palukoro di Palu. Kalau di dunia ada Sesar San Andreas.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search

close