Kunci Jawaban UNBK Geografi 2018 Nomor 6-10 Kode A - Gurugeografi.id

Kunci Jawaban UNBK Geografi 2018 Nomor 6-10 Kode A

- January 07, 2019

Baca Juga

Selamat pagi halo teman-teman sahabat gurugeografi, bagaimana kabarnya hari ini?. Semoga sehat selalu dan senantiasa semangat belajar mengejar cita-cita. Kali ini saya akan coba melanjutkan untuk memberikan contoh kunci jawaban UNBK Geografi tahun 2018 kode A. Pembahasan kali ini dari nomor 6-10 dan materinya adalah dinamika perkembangan bumi dan litosfer. Simak baik-baik di bawah ini dan jangan lupa share, like gurugeografi. O..ya dalam pembahasan kunci jawaban ini saya tidak memasukan opsi pilihan ganda jadi langsung jawa saja, toh nanti kalaupun ada opsi jawaban kamu sudah tahu kan jawaban yang tepatnya.

6. Pernyataan:
1)  adanya perbedaan lama panjang siang dan malam
2) adanya pergantian musim
3) pembelokan arah angin
4) perubahan kenampakan rasi bintang
5) terjadi perbedaan waktu di bumi
Dampak revolusi bumi ditunjukkan oleh angka ....
Jawaban: 1), 2) dan 4)
Pembahasan: Revolusi bumi adalah perputaran bumi atau planet mengitari matahari satu kali periode alias satu tahun. Dampak revolusi bumi adalah pergantian musim di wilayah lintang tinggi, adanya perbedaan lama siang malam dan perubahan kenampakan rasi bintang. 

7. Batuan angka 3 dan 5 sesuai ilustrasi siklus batuan, terbentuk karena proses ....
Kunci Jawaban UNBK Geografi 2018 Nomor 6-10 Kode A
Siklus batuan
Jawaban: pelapukan dan tekanan suhu
Pembahasan: Nomor 1 adalah magma membeku menjadi batuan beku (2). Batuan beku mengalami pelapukan dan menjadi sedimen (3). Sedimen kemudian mengeras menjadi batuan sedimen (4). Batuan beku, sedimen berubah wujud karena panas dan tekanan menjadi batuan metamorf (5). Batuan metamorf melebur kembali menjadi magma (1).

8. Jenis tanah di pesisir Kalimantan bagian barat cenderung kurang subur karena berasal dari pelapukan tumbuhan rawa dengan tingkat keasaman tinggi yaitu ....
Jawaban: Tanah Gambut
Pembahasan: Gambut aatau organosol adalah tanah yang berasal dari pelapukan tumbuhan rawa. Tanah ini banyak terdapat di daerah pesisir timur Sumatera dan barat dan selatan Kalimantan. Tanah ini selalu tergenang air dan asam. Saat air surut tanah menjadi kering dan mudah terbakar.

9. Tindakan mitigasi preventif terhadap bencana gempa bumi adalah ....
Jawaban: bisa bervariasi yaitu:
- membangun rumah tahan gempa
- menyusun peta zonasi daerah rawan gempa
- sosialiasi mitigasi bencana kepada masyarakat
Pembasan: upaya preventif adalah upaya pencegahan alias sebelum terjadi gempa. Nah kegiatan yang  bisa dilakukan adalah penguatan mitigasi seperti poin diatas.

10. Pernyataan:
1) erupsi efusif
2) terbentuknya sesar
3) erupsi sentral
4) gempa runtuhan
5) munculnya fumarol
Fenomena vulkanisme ada pada angka ....
Jawaban: 1), 3) dan 5)
Pembahasan: Fenomena vulkanisme adalah semua hal yang terjadi karena kegiatan penerobosan magma. Fenomena yang muncul diantaranya erupsi, fumarol, solfatar, mofet dan geyser.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search


Iklan Melayang