Pengertian dan Dampak Overpopulasi di Dunia - Gurugeografi.id

Pengertian dan Dampak Overpopulasi di Dunia

- December 27, 2018
Apakah kamu merasa dunia ini semakin padat oleh manusia?. Jika iya maka kita sudah masuk dalam fase overpopulasi alias ledakan penduduk. Overpopulasi artinya adalah situasi dimana sudah terlalu banyak manusia tinggal dalam sebuah lokasi sementara kapasitas daya dukung dan daya tampung lahan sudah tidak lagi mendukung. Overpopulasi bukan hanya soal angka namun ada kaitan dengan penduduk dan sumber daya yang tersedia. Dulu mungkin jumlah manusia hanya beberapa saja dalam satu wilayah, namun perkembangan peradaban dan teknologi membuat manusia semakin tumbuh berkembang dari sisi kuantitas maupun kualitas di berbagai daerah.

Pengertian Populasi
Sebelum kita bahas tentang overpopulasi sangat penting untuk memahmi dulu tentang konsep populasi. Populasi diartikan sebagai total individu atau spesies yang tinggal dan menghuni suatu wilayah atau lingkungan geografi dalam waktu tertentu. Populasi adalah konsep angka. Populasi tidak hanya digunakan untuk menghitung manusia yang tinggal dalam suatu daerah. Populasi juga adalah istilah ilmiah yang dapat digunakan untuk semua studi tentang spesies mahluk hidup seperti tumbuhan, hewan bahkan ganggang.
Pengertian dan Dampak Overopulasi di Dunia
Kepadatan penduduk melanda dunia
Populasi dunia menurut data PBB tahun 2016 adalah 7,4 milyar. Penting untuk dicatat bahwa bukan hanya jumlah orang yang tinggal di lokasi tersebut namun juga rasio dan hubungan antara jumlah penduduk dengan sumber daya berkelanjutan di daerah tersebut. Beberapa orang percaya bahwa overpopulasi adalah hal buruk karena sumber daya di bumi terbatas. Ada juga yang percaya bahwa ini tidak buruk karena bumi kita punya kapasitas sumber daya luar biasa dan terus beregenerasi. 

Sayangnya manusia lebih banyak mengambil sumber daya dengan rakus di bumi dibandingkan membuat proyek daur ulang dan mengurangi ketergantungan dengan bahan baku dari alam. Pohon dan hutan lebih banyak hilang dibandingkan dengan reboisasi dan inilah yang mengancam masa depan. Data iklim menunjukkan peningkatan suhu bumi yang positif 100 tahun terakhir. 

Dampak dari overpoulasi di bumi dapat dirasakan baik secara lokal maupun global. Contoh sederhana adalah berkurangnya kapasitas air tanah, amblesan tanah, kriminalitas, longsor, banjir dan masih banyak lagi. Populasi berlebih membuat konsumsi juga semakin naik dan ini membuat sumber daya alam semakin menipis waktu ke waktu. Jadi overpopulasi bisa menjadi masalah serius jika tidak ditanggulangi dan dicari solusinya dari sekarang. Lihatlah Jakarta hari ini, penuh, sesak, macet, sudah cari kerja dll. Apakah hal ini akan semakin memburuk 5, 10, 20, 50 tahun akan datang?. Gambar: disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search