Halo teman-teman sebangsa dan setanah air, kali ini saya akan coba membagikan contoh soal UTS alias Mid Tes Sejarah kelas 11 IPA.
Materi Sejarah IPA berbeda dengan IPS dan lebih sedikit. Untuk Semester 2, Mid Tes terdiri dari materi Sejarah Renaisans, Pergerakan Nasional dan Pendudukan Jepang di Indonesia.
Lukisan era renaisans Eropa |
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Tokoh Belanda yang melandasi munculnya politik Etis adalah ....
a. Snevelit
b. Van Deventer
c. Semaun
d. Raffles
e. Daendels
1. Tokoh Belanda yang melandasi munculnya politik Etis adalah ....
a. Snevelit
b. Van Deventer
c. Semaun
d. Raffles
e. Daendels
2. Kota kelahiran renaisans di Eropa adalah ....
a. Paris
b. London
c. Venezia
d. Roma
e. Florence
3. Salah satu faktor internal yang mempercepat munculnya nasionalisme Indonesia adalah ...
a. Kemenangan Jepang atas Rusia
b. Penderitaan rakyat akibat penjajahan
c. Gerakan revolusi di India
d. Munculnya paham-paham baru dari Eropa
e. Revolusi negara-negara di Afrika
4. Perpecahan Sarekat Islam menjadi SI Putih dan SI Merah dilatarbelakangi oleh ....
a. SI Putih cenderung ingin menguasai dalam tubuh SI anggota
b. Pemahaman berbeda terkait nasionalisme
c. Berkembangnya liberalisme dalam tubuh S1
d. Adanya pengaruh komunisme
e. Ingin menguasai pemerintah kolonial
5. Salah satu faktor yang menyatukan dan mengikat organisasi-organisasi pergerakan nasional adalah ...
a. Adanya kesadaran tentang pentingnya politik
b. Adanya tujuan yang sama yaitu mencapai kemerdekaan
c. Adanya diskriminasi yang dilakukan oleh Belanda
d. Waktu berdirinya yang hampirnya bersamaan
e. Ingin lama dijajah Belanda
6. Tokoh nasional Cina yang ikut mempengaruhi nasionalisme di Indonesia adalah ....
a. Mahatma Gandhi
b. Mustafa Kemal Pasha
c. Tun Abdul Rojak
d. Gamal Abdul Naser
e. Sun Yat Sen
7. Pergerakan nasional yang memperjuangkan cita-cita Indonesia merdeka melaksanakan dengan taktik kooperasi artinya ....
a. Mendirikan koperasi untuk memperkuat koperasi Indonesia
b. Melakukan kerjasama dengan pemerintah belanda
c. Menolak kerjasama dengan Belanda
d. Melakukan aksi gerakan politk bawha tanah
e. Melakukan gerakan radikal bersenjata
8. Budi Utomo didirikan pada tahun ....
a. 1909
b. 1908
c. 1919
d. 1910
e. 1913
9. Kesadaran akan nasib bangsanya mendorong Budi Utomo lahir dengan pelopornya adalah para mahasiswa ....
a. RHS di Jakarta
b. MOSVIA di Jakarta
c. NIAS di Jakarta
d. STOVIA di Jakarta
e. NICA di Jakarta
10. Istilah renaisans dalam sejarah peradaban Eropa artinya ....
a. Kebangkitan untuk melawan kolonialisme
b. Bersatunya kembali raja-raja kecil di Eropa
c. Pembaharuan dalam bidang agama Katolik
d. Kelahiran kembali kebudayaan kuno Yunani dan Romawi
e. Kebangkitan semangat nasionalisme
11. Motivasi kedatangan bangsa Eropa ke dunia Timur dapat diungkapkan melalui slogan berikut ini ….
a. Vini, Vidi, Vici
b. Liberte, Egalitee Franternite
c. Gold, Gospel, Glory
d. Kolonialisme, Impcrialisme, Monopolisme
e. Devide et Impera, Pak Mcdorlandica
12. Dampak dari adanya gerakan Renaissance tersebut dibawah ini,kecuali….
a. Itali menjadi pusat ilmu pengetahuan yang terkenal di Eropa pada abad 15
b. Membentuk masyarakat perdagangan yang berbudaya maju
c. memunculkan tokoh – tokoh pemikir
d. Muncul aliran baru seperti Humanisme,rasionalisme,nasionalisme dan absolutisme
e. Muncul tokoh masyarakat yang mengutuk Abad gelap ( dark age )
13. Era Kegelapan di Eropa lahir akibat dari jatuhanya Konstantinopel ke tangan ....
a. Bizantium
b. Turki Ottoman
c. Viking
d. Mesopotamia
e. Athena
14. Muhammadiyah didirikan oleh ....
a. Ahmad Dahlan
b. Hasyim Asyari
c. Soekarno
d. Suwardi Suryaningrat
e. Samanhudi
15. Sumpah Pemuda dilaksanakan pada ....
a. 21 Oktober 1928
b. 17 Agustus 1945
c. 28 Oktober 1928
d. 2 Mei 1944
e. 31 Januari 1928
16. Buku berjudul Saijah dan Adinda dikarang oleh ....
a. Ki Hajar Dewantara
b. Multatuli
c. Van Deventer
d. Augusta in de Dessa
e. Moh Hatta
17. Lukisan Monalisa adalah hasil karya dari ....
a. Leonardo da Vinci
b. Van Googh
c. Machiavelly
d. Micheangelo
e. Erasmus
18. Manakah diantara ciri berikut yang merupakan ciri perjuangan rakyat nusantara sebelum 1908?
a. Lebih mengarah pada perjuangan bersifat fisik
b. Tertuju pada visi Indonesia merdeka
c. Bersifat nasionalisme
d. Dipelpori kaum terpelajar
e. Dipengaruhi paham-paham baru dari barat
19. Salah satu ciri abad renaisans di Eropa Barat adalah ....
a. Mendukung kebebasan berpikir
b. Bersifat surgawi
c. Mengutamakan kehidupan akhirat
d. Menentang kebebasan berfikir
e. Mengutamakan kekuasaan
20. Jepang mengalami perkembangan pesat di era ...
a. Tokugawa
b. Hokaido
c. Honda
d. Shogun
e. Suzuki
21. Tujuan imperialisme Jepang diantaranya adalah ....
a. Mempersatukan bangsa-bangsa Asia
b. Memperluas wilayah, mencari sumber bahan baku
c. Meningkatkan daya tawar bangsa Asia
d. Membebaskan bangsa Asia dari kolonialisme barat
e. Membangkitkan kembali semangat nasionalisme Asia Afrika
22. Organisasi yang beranggotakan pemuda berusia 25-35 tahun pada masa pendudukan Jepang adalah ....
a. Seinendan
b. Jawa Hokokai
c. Keibodan
d. Heiho
e. Fujinkai
23. Akibat penderitaan rakyat muncul pemberontakan Peta di Blitar yang dipimpin ....
a. Sudirman
b. Gatot Subroto
c. Supriyadi
d. Urip Sumoharjo
e. Snevelit
24. Dampak restorasi Meiji bagi pemerintahan Jepang adalah ....
a. Kekuasaan pemerintahan kembali ke kaisar
b. Kedaulatan tertinggi berada di tangan rakyat
c. Kekuasaan tertinggi di jabat Shogun
d. Jepang menjadi negara industri kuat
e. Bentuk pemerintahan menjadi kerajaan
25. Pada tanggal 1 Maret 1942 Jepang berhasil mendarat di 3 lokasi di Jawa yaitu ....
a. Eretan, Kalijati, Surabaya
b. Kalijati, Banten, Ujung Kulon
c. Teluk Bayur, Kalijati, Tarakan
d. Tarakan, Kragan, Jakarta
e. Teluk Banten, Eretan, Kragan
ESAI
1. Jelaskan ciri-ciri perlawanan rakyat nusantara sebelum 1908!
2. Ceritakan tentang sejarah renaisans!
3. Ceritakan tentang Sarekat Islam!
4. Mengapa politik etis gagal dilaksanakan di Indonesia?
5. Jelaskan dampak penjajahan Jepang bagi kehidupan Indonesia!
Jawaban:
1. Ciri-ciri perlawanan sebelum 1908 antara lain:
- bersifat fisik dan kedaerahan
- dipimpin oleh pemimpin kharistmatik
- belum ada kesadaran nasional
- menggunakan senjata sederhana
2. Renaisans adalah abad pencerahan di Eropa barat dimana ilmu pengetahuan mulai berkembang dan kebudayaan Eropa kembali didengungkan. Sebelumnya Eropa barat mengalami masa kelam akibat jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Ottoman. Di Florence kemudian lahir para pemikir-pemikir yang menghasilkan berbagai macam karya yang kemudian menyebar ke seluruh pelosok Eropa.
3. Sarekat Islam awalnya bernama Sarekat Dagang Islam dan didirikan oleh Samanhudi di Solo pada 1911. Tujuan SDI adalah memberikan bantuan modal bagi pedagang pribumi muslim dan memajukan ajaran Islam di masyarakat. Organisasi SI berkembang begitu pesat. Karena perkembangannya yang pesat, SI menjadi ancaman bagi pemerintah kolonial Belanda. Selain itu, perkembangannya yang pesat ini membuat SI berubah menjadi partai politik, setelah diakui sebagai organisasi resmi pada bulan Maret 1916 oleh pemerintah.
Setelah mengalami perkembangan yang pesat, SI kemudian mengalami kemunduran di tahun 1921. Kemunduran itu terjadi akibat perpecahan di dalam Sarekat Islam sendiri. Sarekat Islam terpecah menjadi dua yaitu SI Putih dan SI Merah. Hal tersebut terjadi akibat adanya agitasi golongan komunis melalui tokoh Semaun dan Darsono ke dalam tubuh SI. SI Putih akhirnya berkembang dan dipimpin oleh H.O.S. Cokroaminoto, sedangkan SI Merah dipimpin oleh Semaun.
4. Politik Etis yang dilaksanakan pada tahun 1900-1914, mulai menunjukkan kegagalan.
Hal ini disebabkan faktor-faktor berikut ini :
a. Terjadinya pandangan-pandangan yang berbeda di kalangan Belanda, sehingga para pelaksana Politik Etis, seperti para gubernur jenderal mulai ragu-ragu dan tidka berani secara tegas dalam menjalankan politik kolonialnya atas Indonesia.
b. Timbulnya kaum cerdik pandai Indonesia yang menjadi motor pergerakan nasional Indonesia yang berhasil mempersatukan bangsa Indonesia sebagai satu kekuatan nasional untuk memperoleh kemerdekaan.
c. Timbulnya pergerakan nasional Indonesia sebagai wadah perjuangan dalam lingkup Indonesia sebagai kesatuan dan dengan cara-cara modern dalam berorganisasi. Jadi, tidak lagi bersifat kedaerahan dan hanya bergantung pada karisma seorang pemimpin.
d. Timbulnya Perang Dunia I, yang banyak mengubah kebijakan dunia, khususnya mengenai hubungan negara penjajah dan negara terjajah. Akibatnya, Belanda terpaksa mendirikan Dewan Rakyat (Volksraad).
e. Tidak semua usaha Belanda berhasil dalam melaksanakan Politik Etis. Misalnya, makin kuat mengalirnya penduduk dari luar Jawa ke Jawa guna memperoleh pendidikan yang lebih tinggi, bertentangan dengan emigrasi yang sedang dilakukan pemerintah Belanda. Akibatnya, muncul kegelisahan sosial yang meletus dalam wujud pemberontakan petani yang terjadi di Jambi, Cimareme, dan Toli-toli
5. Dampak penjajahan Jepang di Indonesia:
a. Bidang Pendidikan
Bahasa Indonesia mulai digunakan sebagai bahasa wajib
b. Militer
Merekrut pemuda-pemuda Indonesia untuk dijadikan tentara Jepang
c. SDA
Melakukan eksploitasi sumber daya alam untuk kepentingan perang
d. Sosial Ekonomi
Melakukan praktik romusha untuk meningkatkan hasil pertanian
@agnassetiawan Amunisi pejuang PPPK 2024 sudah tersedia. Cek keranjang kuning, sebelum stok habis. Segera siapkan diri dari sekarang jika ingin juara. #pppk2024 #pppkteknis #pppk #pejuangpppk #jadiasn2024 ♬ suara asli - Agnas88