Soal dan Pembahasan UNBK Sosiologi 2018 No 16-20 - Gurugeografi.id

Soal dan Pembahasan UNBK Sosiologi 2018 No 16-20

- March 29, 2019
Halo teman-teman sekalian lanjut lagi saya akan coba bahas soal UNBK Sosiologi tahun 2018. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman-teman lain ya!. Soal sosiologi itu panjang-panjang lho jadi pastikan baca dengan seksama dan teliti soalnya!.
 
Pembahasan UNBK Sosiologi 2018
1. Penjahat ditangkap polisi karena melakukan tindakan kekerasan yang mengakibatkan korban tewas. Lembaga pengendalian yang tepat untuk menangani kasus tersebut adalah lembaga …. 
a.  penegak hukum
b. perlindungan saksi dan korban
c. pembuat undang-undang
d. swadaya masyarakat
e. bantuan hukum 

Pembahasan:
Lembaga pengadilan berperan sebagai pemberian sanksi dari pelanggaran yang telah dilakukan. Jadi, lembaga pengadilan berfungsi sebagai penegak hukum.

2. Ragil merantau ke kota. Di kota ia bergaul dengan masyarakat sekitar mempelajari kebiasaan-kebiasaan orang di kota dengan tujuan agar dapat menyesuaikan diri dengan nilai dan norma masyarakat. Dalam ilustrasi tersebut, Ragil melakukan sosialisasi dengan tujuan …. 
a. mengetahui maksud dan tujuan merantau
b. mengetahui keragaman kebudayaan masyarakat
c. memahami dan menjalankan aturan yang berlaku
d. membantu keluarganya yang ditinggalkan di daerah
e. mengetahui dengan rinci lingkungan fisik yang baru

Pembahasan:
Tujuan sosialisasi adalah agar individu baru dapat diterima dan berpartisipasi dalam masyarakat dengan mempelajari nilai/norma yang berlaku dalam masyarakat. Jadi, upaya Ragil untuk mempelajari kebiasaan orang kota agar mampu menyesuaikan diri dan diterima masyarakat sekitar agar mampu dan menjalani aturan yang berlaku dan diterima oleh masyarakat tersebut.

3. Perhatikan contoh berikut!
(1) Ani terpilih sebagai ketua OSIS karena memiliki pengetahuan yang luas dan jiwa kepemimpinan yang baik.
(2) Seorang dokter yang bertugas secara profesional dan sepenuh hati kepada masyarakat mendapat anugerah dokter teladan.
(3) Agus karyawan baru yang memiliki kemampuan IT diberikan jabatan yang lebih tinggi dari karyawan yang tidak memiliki kemampuan IT.

Contoh di atas menunjukkan faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial adalah ….
a. perbedaan kemampuan individu
b. penggunaan sistem demokrasi
c. perubahan struktur pekerjaan
d. pengakuan otoritas profesi
e. perbedaan status individu

Pembahasan:
Pengembangan diri yang dilakukan unuk mengasah keterampilan serta minat dan bakat merupakan salah satu faktor pendorong mobilitas sosial untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Jadi, pernyataan pada kasus tersebut termasuk ke dalam faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial dengan menggunakan sistem demokrasi yang menekankan pada pengembangan diri serta potensi yang dimiliki setiap individu.

4. Perbedaan pandangan antargenerasi tua dan generasi muda dalam menerapkan nilai-nilai keagamaan, sering kali menimbulkan konflik sosial. Penyebab terjadinya konflik sosial tersebut karena adanya perbedaan …. 
a. struktur budaya
b. kepentingan
c. pendapat
d. etnitias
e. moral

Pembahasan:
Perbedaan pandangan antara generasi tua dan muda dalam menerapkan nilai keagamaan sering kali meninggalkan konflik yang disebabkan oleh perbedaaan struktur kebudayaan masyarakat. Hal ini terjadi akibat struktur dan budaya masyarakat dapat memengaruhi cara pandang seseorang.

5. Contoh konflik:
(1) Perseteruan antara dua kelompok pemuda akhirnya diselesaikan oleh tokoh masyarakat.
(2) Ada pihak ketiga yang ikut terlibat dalam permasalahan perebutan tanah antara kedua belah pihak.
(3) Penggusuran rumah warga oleh seorang pengusaha yang melibatkan pihak ketiga.

Contoh-contoh di atas menunjukkan adanya upaya pemecahan masalah yaitu ….
a. melibatkan pihak ketiga yang lebih tinggi kedudukannya
b. adanya pemaksaan dalam menyelesaikan masalah
c.kedua belah pihak saling mengurangi tuntutan
d. menyerahkan masalah pada hukum formal
e. menunjuk lembaga yang berwenang mendamaikan

Pembahasan:
Salah satu upaya penyelesaian masalah adalah menggunakan pihak ketiga. Pihak ketiga tersebut biasanya kedudukannya lebih tinggi untuk menjadi penengah maupun pengambilan keputusan dari pihak-pihak yang bertikai. Jadi, dari tiga contoh soal konflik pada soal terlihat adanya penyelesaian masalah dengan menggunakan pihak ketiga yang posisinya lebih tinggi. Soal selanjutnya cek disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search