Ide Kegiatan Inspiratif Awal Semester Pertama Masuk Kelas - Gurugeografi.id

Ide Kegiatan Inspiratif Awal Semester Pertama Masuk Kelas

- June 19, 2019
Tak terasa tahun ajaran baru sudah
di depan nih guru-guru sekalian. Nah pastinya banyak teman-teman yang bingung kan nyari kegaitan apa aja sih yang cocok dilakukan saat awal tahun ajaran baru alias pertama masuk kelas?. Apakah gaspol langsung ngasih materi?. Idealnya sih jangan dulu ya, karena siswa dan guru nya pasti belum panas, masih hawa-hawa liburan kan.

Nah berikut ini saya akan berikan contoh ide kegiatan kelas saat awal tahun ajaran baru supaya siswa gak borong dan guru nya gak bingung. Sebelumnya jangan lupa share ke teman-teman ya dan dukung terus blog ini dengan klik tombol like di bawah.

Contoh kegiatan kelas awal semester
1. Perkenalan 
Nah hal pertama yang pasti akan kita lakukan adalah perkenalan. Buatlah sesi perkenalan ini sebaik mungkin sehingga siswa bisa have fun dan dalam satu hari sudah bisa mengenal satu sama lain, meskipun tentunya gak bakal langsung semua kenal ya.

Ada banyak jenis games perkenalan yang bisa kamu cari di google. Kalau nyambung geografi misal bisa dengan mengenalkan nama, tempat tanggal lahir, alamat tapi pakai google earth di depan kelas. Wah keren tuh. Jadi siswa sudah diminta nanti menunjukkan lokasi alamat, tempat lahir dengan google map. Secara tidak langsung siswa sudah dikenalkan dengan SIG, dan ini pasti membuat mereka terkesima. 

Kita bisa tahu juga mereka paham ga tentang lokasi-lokasi di Indonesia. Kalau yang gak tahu pasti nanti di bully. ups. Lumayan kan 2x45 menit bisa seru-seruan di kelas. Pasti kamu akan jadi guru yang disenangi siswa nanti.
Kegiatan awal tahun ajarna baru inspiratif

2. Ice Breaking
Ice breaking adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di awal masuk kelas semester baru. Carilah model-model ice breaking yang aplikatif di google sehingga anak-anak bisa berpartisipasi langsung dan tidak statis. 

3. Motivasi
Pemberian motivasi juga bisa menjadi salah satu kegiatan awal tahun ajaran baru yang menarik. Tapi jangan 2 jam pelajaran full guru ceramah, karena pasti tidur. Buatlah sesi motivasi yang membuat terjadinya komunikasi dua arah. Kita bisa meminta siswa menulis motivasi di kertas tentang kenapa masuk sekolah ini? apa tujuan kamu ke depan? apakah suka geografi atau engga?. Nah dengan begini pasti kita akan tahu kemampuan tulis awal siswa. Lumayan kan?. 

4. Penyampaian Rencana Pembelajaran
Di awal tahun ajaran baru juga biasanya guru akan menyampaikan rencana kegiatan belajar dalam satu semester. Guru menyampaian tata tertib pelajaran, cara pengerjaaan soal harian, kelompok atau remedial, kkm dan lainnya. Dengan begini siswa akan tahu tentang kebijakan guru masing-masing di sekolah.

Itulah 4 tips kegiatan awal tahun ajaran baru di kelas. Pastinya teman-teman punya banyak lagi ide yang bisa dilakukan dan dishare. Selamat mendidik dan jangan menyerah.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search