Tips Mendapatkan Golden Sunrise Sikunir Dieng - Guru Geografi
News Update

Rabu, Juni 19

Tips Mendapatkan Golden Sunrise Sikunir Dieng

Halo sobat backpaker dan geotrek sebangsa dan setanah air, kali ini saya akan sedikit memberikan tips agar dapat melihat golden sunrise di Bukit Sikunir Dieng.

Libur lebaran lalu saya berdua bersama isteri drive dari Majalengka ke Dieng dengan motor untuk liburan menikmati indahnya Indonesia. Cerita lengkapnya nanti akan di post di blog ini.

Oke jadi gini teman-teman sekalian, jika kamu ingin mendapatkan golden sunrise yang mengagumkan di Dieng maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah cek cuaca dulu dalam seminggu via aplikasi.

Jadi jangan sampai saat liburan kesana lagi hujan-hujannya nanti sulit mendapatkan golden sunrise.

Nah jadi saat liburan kemarin kami tiba di penginapan magrib dan langsung istirahat malamnya ditengah suhu Dieng yang dingin abis sampai tulang.

Saya kemudian bertanya pada petugas hotel tentang tips mendapatkan sunrise di Sikunir. Katanya jam 3 sudah mulai berangkat, buset dah...hmmm okelah.

Lalu saya berdiskusi dengan isteri dan memilih untuk berangkat setelah subuh alias jam setengah 5. Alarm disetel pagi subuh lalu setelah sholat kami langsung bergegas naik motor menuju Sikunir ke arah selatan.

Suhu sangat dingin dan untungnya kami bawa jaket double full lengkap sarung tangan dan penutup kepala.

Kami menyusuri jalanan desa yang gelap sekitar 1 km melewati kawah Sikidang. Di jalan sangat sepi sekali dan hanya kabut dingin menemani.

Namun ternyata pas sampai gerbang, sudah penuh boo ama wisatawan. Ternyata mereka banyak yang nginep disini supaya lebih mudah mendaki.

Bayar karcis 10.000 dan parkir 5 ribu lalu kami masuk ke desa dan mulai naik ke atas. Untuk menuju Bukit Sikunir harus menyusuri jalan setapak terjal dan melelahkan, jadi pantas harus pagi buta sudah disini. Kalau kamu lari ke atas sudah pasti akan muntah dan pingsan.

Banyak wisatawan yang gagal sampai puncak karena cape, tapi kami tetap semangat untuk melihat indahnya kebesaran Tuhan. Jam 5 kami sudah di pertengahan jalan dan jalan setapak sudah makin padat seperti arus mudik.

Tak terasa setelah pukul 5 an lebih, fajar menyingsing dan menampakan kemilau langit yang sangat Indah. Matahari perlahan muncul dibalik awan ditemani Gunung Sindoro, Merbabu, Merapi yang berjejer rapi.

Untungnya cuaca hari itu cukup bagus tidak hujan sehingga momen golden sunrise Sikunir bisa kami dapat. Setelah itu kami pulang ke bawah dan sarapan pagi di kedai-kedai warga yang ada di sepanjang jalanan.

Berikut rangkuman tips melihat golden sunrise Sikunir:
1. Cek prakiran cuaca Dieng dulu, pastikan cerah dan tidak hujan
2. Bangun dini hari, berangkat jam 3/4 subuh lebih baik dari penginapan
3. Pastikan bawa minuman dan makanan ringan karena naik bukitnya capek
4. Pakai pakaian tebal karena suhu dingin menusuk
5. Usahakan pakai sepatu agar lebih mudah mendaki

Berikut foto dan video penampakan golden sunrise Sikunir Dieng. Ig: @gurugeografi
Golden sunrise Sikunir
Fajar di Bukit Sikunir
Pemandangan dari Bukit Sikunir
Memandang Sindoro

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.