Cara Cek Status NUPTK Aktif GTK - Gurugeografi.id
Loading...

Cara Cek Status NUPTK Aktif GTK

- August 27, 2019
Halo kawan-kawan yang berbahagia sebangsa dan se tanah air Indonesia, kali ini saya akan coba berikan sedikit tutorial cara cek aktif tidaknya NUPTK di Kemdikbud. Apa sih NUPTK itu dan seberapa besar keuntungannya bagi seorang pendidika?.

Dikutip dari halaman kemdikbud, Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) merupakan Nomor Induk bagi seorang Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK). NUPTK diberikan kepada seluruh GTK baik PNS maupun Non-PNS. 

Guru yang memenuhi persyaratan dan ketentuan sesuai dengan surat Direktur Jenderal GTK mendapat NUPTK sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan.

NUPTK terdiri dari 16 angka yang bersifat unik dan tetap. NUPTK yang dimiliki seorang GTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar, perubahan riwayat status kepegawaian dan atau terjadi perubahan data lainnya.

GTK dapat memiliki NUPTK dengan cara memastikan data yang bersangkutan telah di-input dengan lengkap, benar dan valid dalam aplikasi Dapodikdasmen atau dapodikpauddikmas sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. 


Setelah melalui proses verifikasi dan validasi (verval) GTK oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan – Kemendikbud, bagi GTK yang memang belum memiliki NUPTK akan diusulkan ke sekolah induk GTK secara sistem untuk dilengkapi dokumen-dokumen yang sesuai persyaratan untuk dikirim ke Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat melalui sistem Aplikasi Verval GTK untuk di verifikasi. 

Setelah lolos verifikasi oleh Disdik selanjutnya secara sistem akan diverifikasi oleh LPMP dan bila selanjutnya dinyatakan lulus verifikasi maka PDSPK akan menerbitkan NUPTK bagi GTK tersebut. 
Cara mengecek status NUPTK

Lalu bagaimana caranya bisa dapat NUPTK?. Silahkan cek di link berikut
ALUR PENGAJUAN NUPTK BARU

Apa saja keuntungan jika guru sudah punya NUPTK?
1. Bisa ikut sertifikasi
2. Bisa ikut lomba-lomba skala nasional dan internasional
3. Diutamakan saat daftar guru di sekolah kedubes SILN
4. dll

Saya sendiri dapat NUPTK setelah hampir 9 tahun mengajar, dan saat akan ikut PPG syaratnya adalah punya NUPTK. Jika kamu sudah merasa punya NUPTK tapi tidak tahu status keaktifannya silahkan cek di link berikut: CEK STATUS NUPTK GTK

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search

close