Cara Praktis Refund/Pembatalan Tiket Kereta Api di Stasiun Tugu - Gurugeografi.id

Cara Praktis Refund/Pembatalan Tiket Kereta Api di Stasiun Tugu

- August 12, 2019
Halo sobat traveler seluruh Indonesia yang berbahagia, kali ini sayaberikan sedikit cerita tentang bagaimana cara refund tiket kereta api. Jadi ceritanya gini, awalnya pas bulan ramadan tiket lebaran tentu sudah dibuka dan pastinya para pemudik akan siap sedia depan laptop dan gadget buat beli tiket.

Saya pun langsung pesan tiket kereta pulang pergi Cirebon ke Yogyakarta bertiga bersama anak dan isteri. Saat libur lebaran tiba kami berangkat dari Cirebon ke Yogyakarta untuk liburan dan merayakan idul fitri.

Setelah hampir satu minggu berada di Jogja lalu orang tua saya memutuskan untuk mengantar kami balik ke Majalengka dengan mobil. Jadinya tiket balik harus direfund karena tidak akan terpakai. Saya cek websiter KAI ternyata refund tiket KA bisa dilakukan di stasiun keberangkatan dan akan dikenakan potongan 25% dari harga tiket. Ya gak papa daripada zonk.
Cara refund tiket kereta api di stasiun
Dua hari sebelum keberangkatan saya lalu pergi ke stasiun Tugu pintu selatan untuk melakukan refund tiket. Terlihat sudah mulai banyak juga orang-orang pada antri. Saya lalu ambil antrian ke CS dan duduk menunggu giliran dipanggil.

Setelah 20 menitan nomor saya terpanggil dan akhirnya duduk depan CS lalu minta refund tiket KA. Saya hanya diminta memperlihatkan KTP dan mengisi formulir pembatalan keberangkatan. Setelah itu saya diberikan salinan formulir lalu diminta ke loket di sebelah ruangan CS untuk konfirmasi pembatalan.

Saya antri lagi sebentar untuk memberikan formulir pembatalan tadi dan petugas menanyakan teknik pengambilan uang. Saya minta transfer saja karena lebih praktis namun harus menunggu 30-45 hari sejak pembatalan dilakukan. Kalau mau langsung cash harus seminggu ke stasiun lagi. 

Akhirnya setelah 30an hari ada sms banking transfer refund tiket KA. Jadi bagi kalian yang sudah beli tiket tapi ingin cancel alias pembatalan, mudah kok tidak sulit. Begini ikhtisar tata cara refund KA:

1. Datangi stasiun tujuan
2. Antri ke CS dan siapkan KTP
3. Isi formulir pembatalan dan metode refund
4. Konfirmasi ke kasir pembatalan
5. Selesai

Itulah pengalaman saya refund tiket KA lebaran kemarin, semoga bermanfaat.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search

close