Geografi Keadaan Alam dan Iklim Selandia Baru - Gurugeografi.id

Geografi Keadaan Alam dan Iklim Selandia Baru

- August 02, 2019
Loading...
Sahabat geolover, apa sih yang ada di pikiran kamu ketika mendengar negara Selandia Baru (New Zealand)?. Tentu kamu pasti akan ingat akan keindahan alamnya yang mengagumkan bukan?. Mari kita lihat kondisi geografis dan iklim di Selandia Baru, barangkali ada yang minat untuk traveling ke Selandia Baru.
Rumah Hobbit di Selandia Baru
Selandia Baru terletak di bagian Selatan Samudera Pasifik. Tetangga terdekatnya adalah Australia yang berada di sekitar 995 mil jauhnya. Dua pulau besar yang disebut Pulau Utara dan Kepulauan Selatan adalah pulau utama di Selandia Baru, namun ada banyak pulau kecil di sekitarnya dengan total luas 270.534 meter persegi (104.454 mil persegi.) Selandia Baru memiliki ukuran yang sama dengan Inggris atau Jepang lho!.

Bentang alam Selandia Baru yang spektakuler dan mencakup Southern Alps di Pulau Selatan yang lebih besar di daerah daripada Alpen Eropa serta gletser, Fyords yang curam dan morfologi yang kompleks. Pulau Utara adalah rumah gunung berapi dan memiliki setiap jenis fitur vulkanik termasuk gunung berapi super alias supervolacno. Kedua pulau memiliki danau yang megah, hutan hujan yang subur, dan dataran Tussock tinggi.
Peta Selandia Baru
Selandia baru mengalami empat musim. Musim panas dimulai pada bulan Desember dan berakhir pada Februari, meskipun Maret juga merupakan bulan yang hangat. Musim dingin berlangsung dari bulan Juni sampai Agustus, tetapi September dan Oktober juga kondisi cuaca bisa dingin. Selandia Baru memiliki iklim sedang dan iklim bertipe maritim yang berarti bahwa hal itu dipengaruhi oleh laut.

Kondisi ini mengakibatkan tidak adanya perubahan suhu dan cuaca yang terlalu ekstrim antar musim seperti halnya di wilayah Eropa atau Utara. Selandia Baru juga memiliki berbagai macam daerah beriklim mikro yang merupakan variasi dari iklim sedang. Variasi ini diakibatkan dari adanya  pegunungan yang membentang dii tulang belakang kedua pulau dengan angin Barat menghasilkan kelembaban di sebelah barat kedua pulau dan meninggalkan tanah kering ke Timur. Di sebelah utara Selandia Baru ada embun beku yang membuatnya cocok untuk menumbuhkan beberapa buah tropis sementara itu di Pulau Selatan, ada area pegunungan gletser dan salju abadi.

Berikut ini fakta geografi Selandia Baru:
1. Titik tertinggi: Mount Cook (3.754 m)
2. Danau terdalam: Danau Hauroko (462 m)
3. Danau terbesar: Danau Taupo (606 km)
4. Sungai terpanjang: Sungai Waikato (425 km)
5. Gletser terbesar: Gletser Tasman (29 km)
6. Gua terdalam: Nettlebed, 889 km
7. Panjang pantai: 15.811 km

Gambar: disini, disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search

close