Rangkuman Materi Sejarah: Cara Berfikir Sejarah - Gurugeografi.id
Loading...

Rangkuman Materi Sejarah: Cara Berfikir Sejarah

- August 02, 2019
Materi pertama dalam pelajaran sejarah kelas 10
adalah tentang cara berfikir sejarah. Dalam bab ini siswa dituntut untuk memahami pengertian sejarah dan konsep-konsep dasar yang berlaku didalamnya. Sejarah bukan hanya berkisah tentang masa lalu namun juga bisa menjadi pedoman dasar kehidupan di masa depan. Berikut rangkuman singkatnya.

1. Sejarah berasal dari bahasa arab syajaratun yang artinya pohon
2. Sejarah adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa atau kejadian penting yang telah terjadi di masa lampau dalam kehidupan manusia
3. Unsur kajian sejarah adalah ruang, waktu dan manusia.
4. Cara berfikir kronologis adalah berfikir secara runtut, teratur dan berkesinambungan.
5. Cara berfikir diakronik adalah berfikir tidak secara runtut atau pembatasan waktu.
6. Kronologi adalah ilmu tentang waktu yang menjadi ilmu bantu sejarah dalam menyusun peristiwa atau kejadian sesuai urutan waktu terjadinya.
Contoh kronologi hidup
 7. Periodisasi sejarah adalah bagain dari sejrah yang bertugas membuat klasifikasi dari peristiwa-peristiwa sejarah dalam tahap-tahap dan pembabakan tertentu. Contoh periodisasi sejarah adalah periode masa orde lama, periode masa orde baru, periode masa orde reformasi.
8. Kronik merupakan catatan perjalanan yang ditulis musafir, pendeta dan pujangga di masa lalu.
9. Kajian sejarah sinkronik adalah mempelajari peristiwa sejarah dengan segala aspeknya pada masa atau waktu tertentu dengan lebih mendalam.
10. Sinkronik dalam sejarah adalah kajian yang lebih menitikberatkan untuk meneliti gejala-gejala yang meluas dari sebuah peristiwa namun dengan waktu terbatas.
11. Carara berfikir sinkronik mengajarkan kita agar lebih teliti mengamati gejala atau fenomena yang terjadi terhadap peristiwa atau kejadian di waktu tertentu.
12. Perubahan dalam sejarah adalah peristiwa atau kejadian yang membuat perbedaan dan bisa terjadi cepat atau lambat. Perubahan secara cepat dinamakan revolusi dan perubahan secara lambat dinamakan evolusi.
13. Keberlanjutan adalah keadaan yang telah berlangsung lama.

Itulah rangkuman materi tentang konsep dan cara berfikir sejarah. Jadi sejarah pada dasarnya berkisah tentang masa lalu dan bisa memprediksi masa depan. Jangan sampai sejarah kelam terulang kembali di masa depan dan sejarah yang baik harus dipertahankan dan ditingkatkan di masa depan.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search