Soal Penilaian Harian Bab Konsep Berfikir Sejarah [PG + Esai]

Kali ini saya akan memberikan contoh soal ulangan atau penilaian harian sejarah Indonesia bab konsep berfikir sejarah.

Sejarah pada dasarnya adalah ilmu yang bercerita tentang masa lalu. Masa lalu adalah kunci untuk melihat masa depan.

Ada beberapa cara berfikir dalam ilmu sejarah yaitu diakronik, kronologi, sampai sinkronik. Unsur sejarah adalah ruang, waktu dan manusia.

A. Pilihan Ganda
1. Secara etimologi, sejarah berasal dari kata syajaratun (bahasa Arab) yang artinya ....
a. akar
b. ranting
c. dahan
d. pohon
e. kejadian

2. Periodisasi merupakan komponen penting dalam sebuah tulisan sejarah. Penyusunan periodisasi ditujukan untuk . . . .
a. menemukan fakta-fakta baru
b. menunjukkan peristiwa sejarah saling terkait
c. melihat peristiwa secara mendalam
d.menjadikan sejarah lebih berbobot
e. mempermudah pemahaman atas suatu zaman

3.Dengan belajar sejarah, seseorang dapat berpikir secara runtut, teratur, dan berkesinambungan. Dengan demikian, sejarah mengajarkan cara berpikir ....
a. sinkronik
b. kausalitas
c. diakronik
d. anakronik
e. periodisasi

4. Konsep kronologis dalam sejarah diperlukan karena peristiwa sejarah terdiri atas berbagai jenis dan bentuk peristiwa. Penyusunan peristiwa sejarah tanpa konsep kronologis dapat me­nyebabkan . . . .
a. pembaca tidak menemukan nilai-nilai positif tokoh sejarah
b. pembaca akan terjebak pada imajinasi sejarawan
c. peristiwa sejarah ditulis berdasarkan subjektivitas
d. peristiwa pada suatu masa akan masuk ke masa lain
e. sejarawan kesulitan menemukan fakta-fakta sejarah   

5. Dalam aspek ruang, maka gambar salah satu artefak sejarah berikut ini berada di ....
a. Indonesia
b. Mesir
c. Arab Saudi
d. Italia
e. Jepang

6. Dalam penyusunan kisah sejarah, sejarawan harus mampu menghindari kesalahan yang disebut dengan anakronisme sejarah. Anakronisme dapat terjadi apabila . . . .
a. penulisan tokoh-tokoh fiktif dalam kisah sejarah
b. penulisan nama tokoh dalam kisah sejarah terdapat kesalahan
c. penulisan tanggal dan tahun tidak sesuai dengan fakta
d.penggunaan imajinasi sastra terlalu berlebihan
e. penempatan tokoh dan peristiwa tidak sesuai dengan urutan waktu   

7.  Sesuatu yang melintas, melalui atau melampaui batas waktu merupakan definisi dari ....
a. sinkronik
b. kausalitas
c. diakronik
d. anakronik
e. periodisasi

8. Peristiwa bersejarah bisa disebut peristiwa abadi karenakan ....
a. menjadi inspirasi untuk perubahan di negara ini
b. memimpin hidup manusia
c. tidak pernah berubah
d. memberikebijaksanaan kepada orang-orang

9. Perhatikan pembagian zaman sejarah berikut ini!
1. Zaman prasejarah.
2. Zaman sejarah.
Pembagian tersebut termasuk ke dalam ....
a. fungsi sejarah
b. periodisasi sejarah
c. sinkronik sejarah
d. hakikat sejarah
e. penulisan sejarah 

10.Ciri-ciri:
1) mengkaji perisitwa sejarah pada masa tertentu saja
2) bersifat horizontal
3) berlaku konsep perbandingan
4) kajian sistematis
5) sifat kajian sederhana
Ciri sinkronik sejarah ada pada angka ....
a. 1), 2) dan 4)
b. 2), 3), dan 5)
c. 3), 4) dan 5)
d.1), 2) dan 3)
e. 2), 4) dan 5)    
 
11. Perhatikan tabel berikut!. Periodisasi pada tabel di atas disusun berdasar­kan aspek . . . .
a. ekonomi
b. politik
c. budaya
d. ideologi
e. sosial

12 . Perhatikan judul penelitian berikut!
”Pengembangan Kawasan Wisata di Lereng Gunung Rinjani pada 2005–2015”
Judul penelitian tersebut menggunakan konsep diakronik karena . . . .
a. membatasi kajian pada kurun waktu tertentu
b. membandingkan perkembangan zaman
c. menyebut unsur ruang dan waktu
d. mengkaji kehidupan manusia pada masa lalu
e. memiliki cakupan kajian lebih luas 

13. Kronologi kemerdekaan RI:
1) proklamasi oleh Soekarno Hatta
2) Bom Hiroshima dan Nagasaki
3) Peristiwa Rengasdengklok
4) Jepang menyerah kepada sekutu
Urutan kronologi kemerdekaan Indonesia yang tepat adalah ...
a. 4), 2), 3), 1)
b. 2), 3), 4), 1)
c. 1), 2), 3), 4)
d. 1), 3), 4), 2)
e. 2), 4), 3), 1)

14.  Kronologi berasal dari bahasa Yunani yaitu chronos yang berarti ....
a. kejadian
b. ilmu
c. pengetahuan
d. waktu
e. pohon

15. Kronologi adalah urutan peristiwa yang dimulai dari peristiwa yang terendah atau awal terjadi sampai terakhir terjadi. sedangkan tujuan kronologi adalah untuk menghindari kerancuan waktu dalam sejarah atau ....
a. etimologi
b. rekonstruksi
c. anakronisme
d. historiografi
e. kontinuitas    
 
ESAI
1. Jelaskan kaitan antara pohon (syajaratun) sebagai asal kata sejarah?
2. Uraikan tiga unsur penting sejarah dan berikan contohnya!
3. Apa maksud "perubahan" dalam ilmu sejarah?
4. Jelaskan tentang perbedaan diakronik dan sinkronik!
5. Apa manfaat dari belajar sejarah menurut anda?