Pembentukan Terumbu Karang dan Syarat Hidupnya - Gurugeografi.id
Loading...

Pembentukan Terumbu Karang dan Syarat Hidupnya

- October 27, 2019
Anda tentu suka bermain ke pantai bukan?. Nah jika ke pantai yang ada terumbu karang tentu akan lebih asyik lagi. Terumbu karang merupakan endapan neritis yang sangat penting.Terumbu karang dibentuk oleh binatang koral.

Indonesia adalah negara yang berada di sabuk cincin terumbu karang dunia lho!. Oleh karenanya negeri kita banyak terdapat terumbu karang yang cantik-cantik memesona dari Sabang sampai Merauke. Tidak semua laut bisa ditumuhi terumbu karang, karena ada syaratnya.

Eh ngomong-ngomong nih, terumbu itu bukan masuk tumbuhan lho melainkan hewan. Hewan yang berasal dari mahluk spons. Baru tahu ya!

Syarat hidup binatang ini adalah suhu air laut yang lebih dari 18 derajat C dan kedalaman kurang dari 40 meter, air laut jernih dan kadar garamnya normal. Karena itu termbu karang ini hanya di jumpai di perairan laut tropis.

Binatang koral tidak dapat hidup dalam air tawar atau payau, oleh karena itu terumbu karang tidak di temukan dekat muara sungai. Daerah perairan yang sekitarnya terdapat vulkan aktif yang sering mengadakan eksplosi juga tidak ditemukan adanya terumbu-terumbu karang.

Jenis pula terumbu karang
Perluasan koloni terumbu karang terutama menuju ke jurusan laut terbuka. Hal ini disebabkan makanan  binatang  koral diperoleh dari siraman ketika laut terbuka mengalami pasang dan surut. Pada pantai yang stabil, tebal terumbu karang tidak akan lebih dari 40 meter.
Terumbu karang dapat dibedakan menjadi 4 macam, yaitu:

1)    Karang pantai (fringing reef) adalah terumbu karang yang menempel pada  pantai. Lebarnya berkisar antara be erapa meter sampai 1 km.
2)    Karang penghalang (barrier reef) adalah termbu karang terbentuk pada jarak tertentu dari pantai.
3)    Atol, adalah sebuah pulau yang terdiri dari terumbu karang berbentuk gelang yang di bagian dalamnya berupa laguna yang pada  umumnya  dangkal. Mengenai terbentuknya atol ini Darwin berpendapat bahwa pada mulanya koral membentuk termbu karang, pantai yang melingkari sebuah pulau. Pulau tersebut kemudian tenggelam, sementara itu binatang koral terus membangun rumahnya terbentuklah atol.
4)    Karang papan (platform reef), adalah terumbu karang yang datar dan sejajar dengan permukaan air laut.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search

close